Atasi Bosan Saat Pandemi Covid-19, Ini Cara Asyiknya!


Di saat pandemi covid-19 seperti ini, tentunya kita harus tetap waspada agar tidak ikut tertular virus. Proses penularannya yang cukup cepat, mungkin akan membuat kita worry dan harus menjaga diri sebaik mungkin.

Seperti anjuran pemerintah tentang program #DiRumahAja. Anjuran seperti ini memang terbilang sepele, tetapi harus tetap dilakukan untuk meminimalisir penambahan kasus baru covid-19. Meski sebagian orang menganggap bahwa diam di rumah merupakan hal yang biasa, bukan tak mungkin hal tersebut akan membuat rasa bosan.

Jika biasanya rekreasi atau sekedar jalan keluar rumah bisa mengatasi rasa bosan. Tentunya jika dalam kondisi seperti ini hal tersebut tidak bisa dilakukan. 

Meski harus tetap berada di rumah, ada beberapa cara asyik yang saya terapkan selama pandemi covid-19 ini berlangsung. Salah satu tujuannya tidak lain hanyalah untuk mencegah kontak dengan penderita, baik yang gejalanya terlihat maupun yang tidak terlihat.

Selain itu, pastinya harus menjaga imunitas diri. Dimana saat imun kita meningkat, maka kondisi tubuh kita juga akan lebih kebal dengan serangan virus yang ada di lingkungan sekitar. Maka dari itu, beberapa aktivitas berikut saya lakukan agar tetap waras dengan cara #DengarkanHatimu.

Dengan berbagai aktivitas yang saya lakukan sesuai dengan hati inilah yang membuat saya bahagia. Dimana berdasarkan jurnal PNI (Psiko-Neuro Imun), yaitu ilmu mengenai pikiran, otak, dan imunitas.

Dalam jurnal tersebut menyatakan bahwa ketika seseorang bahagia, maka tubuh akan menekan produksi hormon adrenalin, kortisol, dan epinefrin.

Hormon tersebut biasanya akan meningkat saat seseorang sedang marah atau kondisi emosional lain (stres, khawatir, takut). 

Rasa bahagia dalam tubuh akan meningkatkan produksi hormon serotonin, dopamin, oksitosin, dan relaksin.

Saat hormon-hormon tersebut masuk ke dalam darah, hormon tersebut akan mengirim sinyal agar tubuh memproduksi lebih banyak sel imun, dalam hal ini adalah sel darah putih. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah putih merupakan sel darah dalam tubuh yang berperan penting dalam melawan mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, agar tubuh tetap sehat. Tentunya ada berbagai aktivitas nih yang paling suka saya lakukan selama pandemi covid-19 ini. 

  1. Lakukan Hal Produktif


Bukan berarti selama masa pandemi tidak bisa produktif di rumah. Jika seorang working mom akan memindah suasana kerjanya di dalam rumah. Hal ini tentunya tidak sama dengan full time mom yang sehari-harinya bekerja di rumah.

Saya yang full time mom pun tidak masalah jika ada program bekerja dari rumah, karena memang selama ini bekerjanya dari rumah. Selain mengerjakan pekerjaan rumah, saya pun mengambil pekerjaan sampingan sebagai content writer.



Hal inilah yang membuat saya tetap produktif dan pastinya akan membuat saya bahagia, karena menulis merupakan hobi saya, apalagi jika ada bayarannya. Hehe

2. Family Time


Nah, kondisi seperti inilah yang cukup membuat saya bahagia. Selain karena suami juga libur dan hanya mengerjakan pekerjaan di rumah, kondisi seperti ini juga menjadi ajang memperkuat bonding keluarga sekaligus untuk membuat family project.

Meski family project di keluarga kami cukup sederhana, yaitu membuat rumah nyaman. Ternyata hal tersebut cukup menyita tenaga dan waktu, apalagi ada bayi. 




Sebagai ketua project, ayah membuat rencana dan saya sebagai bendahara dan penyedia barang, sedangkan sulung ikut bantu-bantu. Sebagai penyedia barang tentunya membuat saya senang, karena ada waktu untuk memilih barang di market place. Selain cuci mata, tentunya sekalian shopping dong.

Nah, berhubung family project kami waktunya cukup panjang. Jadi sudah hampir 1 bulan ini, project keluarga masih belum selesai juga. 

3. Kembangkan Hobi


Hobi akan membuat diri menjadi lebih bahagia. Melakukan aktivitas berdasarkan hobi bisa menjadi cara asyik atasi bosan saat pandemi covid-19 ini.

Saya sendiri selain menulis sebagai hobi, mencoba kembali bertanam hidroponik sayuran. Selain bisa menambah bahan pangan selama masa pandemi ini, cara ini cukup membuat saya bahagia karena bisa merasakan sayuran fresh dan tanpa obat kimia.

Metode hidroponik sendiri saya pilih karena tidak ribet harus menyiram tanaman. Selain itu, hasilnya juga lebih bersih dan tahan dari hama.

Untuk hasil panennya juga cukup cepat. Saya sendiri sudah panen kangkung yang rasanya lebih renyah dibanding harus beli di tukang sayur. Selain kangkung, saya pun menanam pakcoy. Meski beberapa gagal karena benihnya cukup lama. Tapi hasilnya kalau sudah panen cukup puas. Dan kini tinggal satu bibit saja yang masih hidup. Semoga bulan Ramadhan bisa dipanen buat jadi menu sahur.




4. Manjakan Diri


Selain istirahat, tentunya memanjakan diri sendiri juga perlu. Selain untuk me-refresh otak dan tubuh, cara ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena diri menjadi lebih bahagia.

Salah satu yang saya lakukan adalah dengan merawat diri. Selain melakukan lebih intens perawatan wajah di rumah, saya juga melakukan berbagai treatment sendiri di rumah agar lebih segar dan tentunya tetap cantik alami di depan suami.

Untuk perawatan wajah, saya mengusahakan untuk lebih rajin menggunakan skincare. Terlebih untuk menggunakan masker yang hampir tiap hari, dengan selang-seling antara clay mask dan sheet mask. Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks, maskeran juga membuat wajah menjadi lembab dan pastinya mood menjadi meningkat setelah menggunakan masker.



Selain wajah yang harus dirawat, tubuh tentunya perlu juga dirawat. Salah satunya adalah saat mandi. Selain untuk membersihkan badan, mandi juga akan membuat pikiran lebih rileks.

Keramas, menjadi salah satu hal yang paling aku tunggu-tunggu. Selain meringankan rambut karena lepek akibat pakai hijab, keramas juga membuat rambut lebih segar dan wangi.

Salah satu sampo andalan yang sudah saya gunakan bertahun-tahun adalah Emeron. Sampo ini cukup mudah ditemukan, apalagi daerah saya yang tergolong desa, sampo Emeron bisa dibeli dengan harga yang sangat murah. 



Selain itu, salah satu kelebihan dari sampo Emeron adalah sudah adanya logo halal dari MUI. Pastinya, tak ragu lagi bukan dengan bahan yang digunakannya?

Nah, salah satu varian yang paling saya suka adalah Emeron Soft dan Smooth. Selain baunya wangi, varian ini juga membuat rambut lebih lembut dan terasa lebih ringan setelah penggunaannya. 

Nah, itulah cara saya menjaga asyik agar tetap waras dan terhindar dari risiko covid-19. Kalau kamu, ada tidak cara asyik selama di rumah aja?

Comments

  1. Setuju banget nih. Pikiran positif bikin kita sehat. Jadi memang harus menyenangkan diri dengan me time atau melakukan hobi untuk mengatasi bosan di rumah aja karena pandemi covid 19 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Gak perlu meratapi nasib yang penting. Hehehe

      Delete
  2. Alhamdulillah ya klo positif thingking trs dan berfikiran dampak baik utk byk org ketika stay at home jd semangat wlwpun dirumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mom, setidaknya keluarga tertular energi positifnya

      Delete
  3. WFH juga nih...cuma gak ada waktu buat nulis blog kecuali akhir pekan. tapi serunya dirumah aja itu bisa lebih rajin masak sendiri dan jarang jajan. tiap hari olahraga dan malah sering keramasan pake emeron dong pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seru nih kalau bisa masak terus. Jadi tambah irit ya mom?

      Delete
  4. Mba aku tertarik sama hidroponik ya hehe dulu pernah nyoba tanam hodroponik tapi gagal dan males nglanjutin wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai metode wick mbak. Paling simpel dan bisa pakai barang bekas

      Delete
  5. Wfh juga harus produktif ya kak, melakukan hal-hal yang disukai dan bisa memanjakan tubuh kita dari aktivitas yang penat .Sukses teruus ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Harus ada aktivitas yang bisa bikin produktif

      Delete
  6. labih banyak kegiatan yg bisa dilakukan karena di rumah aja gini sebenernya. Walaupun dibatasi kalau mau kemana2, tapi jalan bahagia pasti ada aja kalau mau menciptakan ya :D

    ReplyDelete
  7. Bener banget manjakan diri itu penting aku juga suka emeron varian soft and smooth karena wanginya berkesan

    ReplyDelete
  8. Wah betul kita tetap harus tetap memanjakan diri. apalagi di masa ini. Emeron aku juga beli, harganya terjangkau dan oke

    ReplyDelete
  9. Pokoknya ada ada deh kerjaaan nya kalo penulis ya kak. Biar hal sederhana bisa di sharing jugga. Aku suka bagian kembangkan hobi. Aku baanget

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Rekomendasi Toko Perlengkapan Bayi di Shopee

Resensi Buku : The Perfect Husband