Seberapa Pentingkah Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan?



1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) menjadi salah satu hal penting untuk kehidupan anak di masa mendatang. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatannya saja, nutrisi di saat 1000 HPK juga sangat penting untuk kehidupan anak kelak. Untuk mengetahui pentingnya nutrisi 1000 HPK, berikut manfaat yang perlu orangtua ketahui.

  • Menghindarkan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)


Ketika nutrisi yang diperlukan ibu hamil bisa terpenuhi, plasenta yang menghubungkan ke janin juga mengirimkan nutrisi yang dikonsumsi ibu ke janin. Tentunya hal ini perlu ibu hamil ketahui, sehingga ibu hamil tahu nutrisi yang perlu dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi nutrisi yang diperlukan ibu hamil, janin bisa tumbuh dan berkembang normal di dalam rahim. Selain bisa menghindarkan risiko kecacatan pada janin, konsumsi nutrisi yang tepat juga bisa mengurangi risiko BBLR pada janin yang baru lahir. 

Beberapa pendapat dan bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa sebelum hamil, nutrisi yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi kondisi janin. Jadi, bagi yang ingin hamil, konsumsi nutrisi untuk janin ya sebagai cadangannya?

  • Menghindarkan Risiko Stunting


Stunting atau gagal tumbuh pada anak merupakan kondisi yang perlu diwaspadai oleh para orang tua. Terlebih, kini persentase anak yang mengalami stunting di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Selain dapat mengganggu kesehatannya, stunting juga memiliki beragam risiko yang dapat mengganggu seluruh aspek kehidupan anak.

Agar anak terhindar dari risiko stunting, tentunya orang tua perlu memberikan nutrisi yang tepat. Pemberian ASI Eksklusif, MPASI yang tepat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua saat anak sudah dilahirkan.

  • Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat


Anak yang memperoleh nutrisi yang tepat akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Terutama bagi anak yang setelah dilahirkan langsung diberikan ASI pertama, dimana banyak kolustrum yang terkandung. Zat inilah yang memiliki fungsi untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, dengan nutrisi yang dikonsumsi anak dari ASI dan MPASI juga menjadi tameng diri anak terhindar dari mikroorganisme yang bisa melemahkan imunitas tubuh.

  • Tingkat Kecerdasan Lebih Tinggi


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa anak yang diberikan ASI memiliki tingkat kecerdasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan anak tidak diberikan ASI.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang memperoleh nutrisi seimbang, terlebih protein dan asam linoleat sejak dini memiliki kecerdasan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan otak berkembang lebih pesat.

  • Menjadi Orang yang Lebih Sukses di Masa Depan


Kesuksesan anak di masa depan menjadi impian setiap orang tua. Dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat, pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih produktif, sehingga dapat dengan mudah meraih cita-citanya.




Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Rekomendasi Toko Perlengkapan Bayi di Shopee

Review : Emina Bright Stuff Tone Up Cream