Hindari Kebiasaan Ini Agar Kulit Bebas Jerawat



Ada gak sih yang sering mengalami jerawat di wajah? Salah satu masalah kulit ini seringkali membuat kesal. Meski beberapa dikarenakan tipe wajah yang acne prone, ternyata gaya hidup juga mempengaruhi timbulnya jerawat di wajah.

Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah. Terlalu sering melakukan kebiasaan buruk ini bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

1. Sering memegang wajah

Hal pertama yang sering menjadi penyebab jerawat adalah kebiasaan memegang wajah. Tangan yang belum tentu terjaga kebersihan bisa menjadi sarang bakteri. Ketika sering disentuhkan ke wajah, maka wajah bisa terinfeksi yang menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Tidak mencuci muka atau sering mencuci muka

Ada baiknya untuk mencuci muka 2 kali sehari. Ketika tidak mencuci muka, maka kotoran di muka bisa menumpuk yang menyebabkan munculnya jerawat. Pun ketika terlalu sering mencuci muka, maka minyak di wajah akan terkikis yang menyebabkan skin barrier rusak. Ketika skin barrier rusak, maka bisa menyebabkan munculnya jerawat.

3. Makan makanan yang kurang sehat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti gorengan maupun makanan yang manis bisa meningkatkan risiko jerawat di wajah. Hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan diet rendah gula.

Untuk itulah, sangat penting dalam memperhatikan asupan makanan yang perlu dikonsumsi. Setidaknya bisa mengikuti panduan piring makan untuk memenuhi semua kebutuhan asupan setiap hari.

4. Tidur menggunakan make up

Kebiasaan tidak membersihkan muka dan tidur menggunakan make up perlu dihindari. Make up yang menutupi wajah dan menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan wajah timbul jerawat.

5. Tidak mengganti sarung bantal

Sarung bantal yang jarang diganti bisa menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Setidaknya, ganti sarung bantal seminggu sekali, agar wajah terhindar dari timbulnya jerawat 

6. Memencet jerawat

Siapa yang punya kebiasaan memencet jerawat? Ternyata kebiasaan ini perlu dihindari, terlebih jika memencet jerawat menggunakan tangan, terlebih tidak mencuci tangan sebelumnya. Tangan yang kurang higienis akan menyebabkan peradangan yang membuat bekas jerawat menjadi susah hilang.

Itulah beberapa kebiasaan yang membuat munculnya jerawat? Selain perlu dihindari hal-hal di atas, menjaga wajah dengan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan tipe wajah dan masalah yang dihadapi juga sangat penting, agar proses penyembuhan jerawat menjadi lebih tepat ataupun untuk menghindari munculnya jerawat menjadi lebih parah lagi.

Tidak ada komentar