Mengenal Jerawat Mendem (Nodule Acne)


Ada gak sih yang pernah mengalami jerawat mendem? Tipe jerawat yang tidak memiliki mata ini mungkin cukup mengganggu penampilan, apalagi proses penyembuhan jerawat yang cukup lama.

Jerawat nodul merupakan jenis jerawat yang ada di bawah permukaan kulit yang terasa sakit saat dipegang dan keras. Tipe jerawat ini biasanya membutuhkan waktu penyembuhan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Kondisi jerawat nodul ini biasanya terjadi pada usia remaja, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga di usia dewasa. Selain itu, remaja laki-laki lebih berpotensi lebih besar mengalami jerawat nodul dibanding dengan remaja perempuan.

Ciri-ciri jerawat nodul

Agar mendapatkan penanganan yang lebih baik, ada baiknya untuk bisa membedakan jenis jerawat nodul dengan jerawat biasa. Untuk jerawat nodul biasanya memiliki ciri-ciri:

1. Benjolan di bawah kulit dan mengencang

2. Area kulit tampak kemerahan

3. Jika disentuh terasa sakit

4. Tidak memiliki mata

5. Tidak seperti jerawat biasa yang bisa sembuh hanya hitungan hari.

Penyebab

Jerawat nodul biasanya disebabkan karena penumpukan kotoran, sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri yang menyumbat pori-pori kulit. 

Selain itu, kadar hormon androgen juga bisa menyebabkan kulit menjadi rentan berjerawat. Ketika hormon androgen tinggi, pori-pori kulit menjadi lebih mudah tersumbat yang akan membuat bakteri tinggal lebih lama dalam pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat nodul. Kondisi ini banyak dialami, ketika sedang masa haid, hamil, masa pubertas, ataupun ketika mengonsumsi obat-obatan jenis kortikosteroid ataupun lithium.

Faktor genetik juga bisa mempengaruhi risiko jerawat nodul. Ketika orang tua mengalami jerawat nodul, kemungkinan besar bisa menurun ke anaknya.

Perawatan jerawat nodul

Ketika mengalami jerawat nodul, tentunya harus melakukan perawatan secara lebih intensif agar jerawat tidak berkembang semakin parah.

1. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan sangat penting untuk dilakukan. Meskipun hal ini sering dianggap sepele, pola makan yang tidak sehat justru akan memperburuk kondisi wajah, yang menyebabkan jerawat sulit sembuh, bahkan jerawat bisa semakin parah dan menyebar luas.

2. Melakukan perawatan wajah

Tentunya perlu juga melakukan perawatan wajah. Terutama harus melakukan double cleansing di malam hari. Hal ini agar kotoran, sisa make up, ataupun residu sunscreen yang sudah digunakan di pagi hari bisa keangkat. Ketika tidak melakukan double cleansing, pori-pori kulit menjadi tersumbat, dimana hal ini akan memicu tumbuhnya jerawat.

Selain itu, pilihlah produk yang non comedogenic. Untuk beberapa produk bisa menggunakan produk dengan kandungan tea tree ataupun salicylic acid yang akan membantu mengurangi inflamasi.

3. Jika semakin parah, konsultasi ke dokter

Jika ternyata kondisi jerawat semakin parah ataupun bertambah banyak, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan resep perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit ataupun memberikan treatment yang akan membantu mengurangi jerawat.

Dengan mengetahui jerawat mendem atau jerawat nodul akan membantu dalam melakukan perawatan jerawat. Ada yang pernah mengalaminya?

Tidak ada komentar