Manfaat Cuka Apel untuk Kulit Wajah

Cuka apel atau ACV (Apple Cider Vinegar) sebenarnya merupakan salah satu bahan dapur yang biasanya digunakan untuk bahan kue. Selain itu, ternyata cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Cuka apel mengandung acetic acid, yaitu sebuah asam yang bermanfaat sebagai anti jamur, anti bakteri,dan anti inflamasi yang bermanfaat bagi tubuh. Bagi yang ingin menjaga berat badan tubuh pun bisa menggunakan cuka apel dengan cara mencampurkan satu sendok cuka apel ke dalam satu gelas air putih dan diminum.

Khasiat cuka apel ternyata tak hanya diperuntukkan bagi kesehatan saja. Kini cuka apel juga digunakan di bidang kecantikan sebagai toner.

Memilih Cuka Apel untuk Toner Wajah

Untuk menjadikan cuka apel sebagai toner wajah, kita harus memilih cuka apel unfiltered dan biasanya disebut dengan with the mother. Untuk cuka apel jenis ini di Indonesia dijual dengan merek Bragg. Dan jenis cuka apel unfiltered memiliki warna yang sedikit keruh dan jika didiamkan akan membentuk endapan di bawahnya 

Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Toner Wajah

Sebelum menggunakan cuka apel sebagai toner wajah, alangkah baiknya kita mengetahui jenis kulit kita. Nah, tiap orang beda reaksi ketika menggunakan cuka apel sesuai kadarnya masing-masing.

Dalam rangka coba-coba, saya membeli share cuka apel di sebuah online shop untuk membuktikan khasiatnya.



Mula-mula untuk membuat cuka apel, saya menggunakan kadar 3:1 (3 sendok air mineral : 1 sendok cuka apel). Ternyata ini gak ngaruh sama sekali. Kemudian saya tingkatkan menjadi 2:1 dan tak ada pengaruh sama sekali juga. Akhirnya daripada mubazir saya buat dengan kadar 1:1.

Setelah dicampur, toner cuka apel bisa dimasukkan ke dalam botol spray. Dan untuk menggunakan bisa dengan menyemprotkan toner cuka apel ke kapas dan mengusapnya ke kulit wajah.

Toner cuka apel ini biasanya saya gunakan setelah mencuci muka pagi dan malam hari, kecuali ketika malam hari saya sedang memakai exfoliating toner.

Manfaat Toner Cuka Apel

Jika melihat para beauty influencer yang kulit wajahnya mulus, katanya salah satu rahasianya adalah dengan menggunakan toner cuka apel ini. Beberapa manfaat toner cuka apel ini bisa untuk:

1. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Cuka apel memiliki pH yang hampir sama dengan pH kulit wajah. Dengan menggunakan toner cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH kulit wajah yang menurun setelah melakukan cuci muka.

2. Membasmi Jerawat

Kandungan acetic acid yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri, dan anti inflamasi dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang ada di kulit wajah.

3. Exfoliating Toner

Kandungan malic acid (salah satu AHA/ Alpha Hydroxide Acid) dapat membantu mengangkat sel kulit mati di wajah. Sehingga peremajaan wajah dapat berjalan optimal. Selain itu juga dapat membersihkan pori-pori wajah dan membuat wajah menjadi lebih bersih.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Beberapa beauty influencer juga percaya bahwa toner cuka apel bisa untuk mencerahkan kulit wajah. Dengan pemakaian teratur selama 2x sehari dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga tone wajah naik alias lebih cerah.

Pengalaman Pakai Toner Cuka Apel

Kalau saya sendiri agak kurang suka dengan bau cuka apel yang cukup menyengat. Meski sudah dibuat sebagai toner, baunya juga cukup menyengat. Tapi bisa hilang dengan pemakaian skin care setelah menggunakan toner cuka apel.

Selain itu, saat disimpan di kulkas pun isi kulkas menjadi bau dan kemudian saat memindahkannya ke tempat yang aman dari paparan sinar matahari.

Setelah diaplikasikan sih cukup membersihkan kulit wajah. Hanya saja untuk mengurangi jerawat, di kulit aku kurang efektif dan tidak ngefek meski baru bakal jerawat. Untuk efek mencerahkan pun kurang berasa di kulit wajah.

Jadi, saya memutuskan untuk tidak pakai toner cuka apel ini setelah cuka apel habis. Tetapi beda kondisi kulit wajah, beda pula efeknya. So, tak ada salahnya untuk mencoba toner cuka apel ini.

Comments

  1. Buat masak bisa nggak itu mba toner cuka aprlnya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuka apelnya biasanya buat masak. Cuman aku gak pernah 😃

      Delete
  2. Betul mbak, pemakaian tiap orang bisa berbeda. Cocok-cocokkan. Saya sih belum berani nyoba cuka apel. Sudah kebayang baunya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, udah ditambah air pun baunya masih nyengat

      Delete
  3. Kik dikasih gambar before after. Aku kebetulan ada tpi gtahu mau buat apa. Inspiratif klo buat toner ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Before after apa ini Ma? Toner cuka apel gak ngaruh di kulit aku 😅

      Delete
  4. apelnya dikasih cuka apa muka kita tidak jadi asam ? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apelnya difermentasi kayaknya ya jadi cuka apel 😂 pH cuka apel hampir sama dengan kulit wajah

      Delete
  5. oh baru tau, kalau cuka apel bisa punya manfaat buat kulit wajah. buat yang emak-emak hampir 40 tahun begini masih nendang gak ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kulit masing2 mbak. Reaksinya beda2 😁

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni