Melacak Kekuatan Diri

Setiap manusia pastinya diberikan potensi oleh Tuhannya untuk melaksanakan misi kehidupan. Meski memerlukan waktu untuk menggalinya, setidaknya diri sendiri tahu apa yang disukai dan apa kegiatan yang membuatnya bisa. 

Melalui kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional, saya kembali belajar mengenai mengenali potensi diri. Hampir sama memang dengan seperti yang ada di matrikulasi. Tapi apakah memang benar jalan yang saya pilih ini sesuai dengan jurusan saya? Atau apakah jalan yang saya pilih ternyata bukanlah apa yang menjadi misi kehidupan saya?



Memang pertanyaan ini selalu berkecamuk dalam diri. Tetapi, jika banyak aktivitas yang dilakukan, maka mengenali potensi akan sama mudahnya dengan menentukan ukuran baju. 

Bukan tak mungkin dengan mengenali kekuatan dalam diri bisa bermanfaat bagi orang. Toh, sekarang banyak yang dengan segala potensinya memiliki kebermanfaatan untuk orang lain.

Nah, langkah pertama yang kudu saya lakukan adalah dengan membuat kuadran aktivitas. Untuk mempermudahnya, saya akan membuatnya menjadi daftar aktivitas bisa dan suka

Bisa dan Suka

Aktivitas ini mungkin cukup susah untuk ditemukan. Tetapi jika sudah mengenali diri sendiri serta melakukan banyak aktivitas bukan tak mungkin kita menjadi tahu aktivitas ini.

1. Menulis
2. Mengajar
3. Mengelola kegiatan
4. Membuat design
5. Memelihara kucing

Bisa tapi Tidak Suka

Nah, aktivitas seperti ini yang terkadang bikin mood menghilang. Kadang pengen melakukan, tapi merasa tak puas dan malas pula 

1. Mengutak-atik mesin
2. Administrasi


Tidak Bisa Tapi Suka

Terkadang kita suka dengan berbagai kegiatan yang ada. Tetapi ternyata hal tersebut tidak ada dalam potensi diri kita 

1. Berkebun
2. Membuat laporan keuangan
3. Memasak

Tidak Bisa dan Tidak Suka

Nah, inilah yang menjadi lingkarang hitam di kehidupan. Melakukan kegiatan seperti ini pun tidak akan membuat rasa puas.

1. Menggali Tanah untuk Berkebun
2. Melipat baju

Nah, agar semakin mengenali diri sendiri tentunya kita harus mengetahui kekuatan yang bersumber dari segala potensi yang ada dalam diri. Berdasarkan kuadran aktivitas di atas. Maka kekuatan diri sendiri saya adalah: Menulis, Mengajar, dan Memelihara Kucing.

#JanganLupaBahagia
#JurnalMinggu1
#Materi1
#KelasTelur
#BundaCekatan
#BunCekBatch1
#BunCekIIP
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengerjakan Tugas di Google Classroom

Review: Masker Beras Series Byvazo

Resensi Buku : The Perfect Husband