#JumatKulwapODOP bersama Monika Puri Oktora

Jumat, 9 Februari 2018. Untuk pertama kalinya saya mengikuti #JumatKulwapODOP yang diselenggarakan oleh #odopfor99days. Di bulan ini memang saya baru pertama kali mengikuti grup #odopfor99days yang ada di grup whatsapp, dan saya seperti mendapat kejutan ketika di minggu pertama saya berkesempatan mendapatkan ilmu menulis dan menerbitkan buku di penerbit mayor bersama mbak Monika Puri Oktora.



Seperti seorang anak yang mendapat buku baru dari orangtuanya, banyak hal yang ingin saya kulik dari mbak Monika hari ini. Bagaimana tidak? Menulis menjadi satu hal yang sangat menyenangkan bagi saya, saat menulis banyak ribuan kata yang ingin ditorehkan meski hanya bermodalkan keyboard hp. Dan goal saya mempunyai karya yang bisa dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang. Dan dari #jumatkulwap ini saya seperti mendapat oase kesejukan dari mbak Monika.

Mbak Monika berhasil menyita perhatian saya dengan bukunya yang berjudul "Groningen Mom's Jurnal" diterbitkan oleh Elex Media dan berhasil menjadi buku bestseller di toko buku Gramedia. Dalam kuliah whatsapp ini selain kita tahu bagaimana perjalanan mbak Monika menulis hingga menerbitkan buku, kita pun tahu bagaimana cara mbak Monika mengatasi writer's block.


Dari #JumatKulwapODOP ada beberapa kesimpulan yang saya dapatkan dari sesi tanya jawab bersama mbak Monika:

1. Jangan malas dan konsistenlah dalam menulis

Malas menulis dan membuang waktu kerap sekali kita lakukan di saat waktu luang. Pergunakan dalam menulis dan konsistenlah.
Kuncinya menulis, menulis, menulis dan membaca, membaca, membaca.

2. Motivasi dalam menerbitkan sebuah karya

Mbak Monika memaparkan bahwa motivasinya dalam menerbitkan sebuah karya adalah kelak anak-anak dan cucu-cucunya bisa tetap menikmati karyanya. Selain itu, sebagai amal jariyah yang semoga pahalanya tak akan putus.

3. Menerbitkan buku ke penerbit mayor

Memang bukan dalam waktu singkat kita bisa menerbitkan sebuah buku, apalagi menerbitkan buku ke penerbit mayor dan menjadi buku bestseller. Membutuhkan ketekunan dan perjuangan yang tidak instan. Butuh waktu dalam menulis dan butuh waktu pula dalam mencari penerbit hingga melakukan editing.

#ODOPfor99Days
#JumatKulwap
#GroningenMomsJurnal
#MonikaPuriOktora
#GiveawayGMJ

2 komentar

  1. Jadi termotivasi mau baca bukunya mbak monika. Memang jadi penulis sering mengalami block writing. Salam kenal kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak. Terima kasih sudah berkunjung 🙏

      Hapus