Memaknai Kemerdekaan



Tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Di sinilah awal mula kebebasan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah yang sudah menjajah Indonesia berabad-abad lamanya.

Memang usia negara Indonesia kini sudah mencapai 74 tahun. Tapi apakah dengan usia segitu Indonesia benar-benar sudah merdeka?

Hal yang paling mudah berkenaan dengan makanan dan fashion yang dipakai oleh bangsa Indonesia. Restoran milik asing mulai berjamuran di seluruh penjuru Indonesia, bahkan penggemarnya tak hanya untuk kalangan atas saja. Begitu pula dengan fashionnya, banyak masyarakat Indonesia yang suka belanja produk luar negeri, padahal produk dalam negeri pun kualitasnya sebanding bahkan lebih bagus produk buatan luar negeri.

Begitu pula dengan tenaga kerjanya. Meski memiliki brand luar negeri, ternyata banyak pabriknya di Indonesia. Mirisnya, setelah dijual di luar negeri banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk membelinya. Padahal yang membuat produk tersebut adalah masyarakat Indonesia sendiri.

Memang tidak mudah untuk menggunakan produk dalam negeri sendiri. Ada kalanya katergantungan impor tetap dibutuhkan. Meskipun begitu, jika bangsa Indonesia sudah berhasil menciptakan, bukankah tugas kita untuk menghargainya?

1 komentar

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus