Kelas Ulat-Ulat : Makanan Pekan 1



Minggu ini ternyata sudah masuk kelas ulat-ulat. Meskipun kelas telur-telur sudah terlewati dan pecah, kini saatnya harus lebih bersemangat untuk melahap setiap daun yang ada.

Dengan berbekal mindmap yang sudah dibuat, maka di pekan ini saya lebih fokus pada bahan perawatan bayi. Meskipun ada beberapa hal tentang perawatan bayi yang sudah saya ketahui sebelumnya karena sudah ada pengalaman. Ternyata ada beberapa hal yang kurang saya mengerti ataupun ingin saya mengerti lebih lanjut mengenai perawatan bayi baru lahir. Misalnya, tentang stimulasi bayi baru lahir maupun tentang permasalahan bayi baru lahir.

Sumber Ilmu yang Saya Dapatkan

Di awal kelas ini saya lebih fokus pada perawatan bayi baru lahir. Di pekan sebelumnya saya sudah menamatkan buku yang berjudul "A-Z Perawatan Bayi".

Dan untuk pekan ini saya lebih banyak Googling dan nonton YouTube untuk memenuhi rasa penasaran saya. Untuk website sendiri saya masih nyaman membaca artikel dari Alodokter. Sedangkan untuk YouTube saya lebih banyak nonton channel dari Tanyakan Dokter dan Alodokter. Selain itu, beberapa hal mengenai perawatan bayi baru lahir juga saya dapatkan informasinya melalui website hello sehat.

Untuk tema dari perawatan bayi baru lahir sendiri, saya mencoba mencari materi sesuai kebutuhan. Di pekan ini saya mencari bagaimana cara membedong bayi, tentang milia pada bayi, dan perkembangan penglihatan bayi.

Hal Menarik yang Didapatkan

Meskipun banyak sumber ilmu yang bisa kita dapatkan secara mudah dan gratis melalui internet, sumber yang diambil dari artikel di internet haruslah valid. Dengan melihat nama penulis serta penyunting artikel yang dibaca dapat menjadi pertimbangan apakah isi artikel sesuai dengan sumber aslinya ataukah tidak.

Sedangkan untuk video yang ada di YouTube, saya sendiri lebih mengambil referensi dengan narasumber dokter yang sudah kompeten di bidangnya.

Memutuskan Belajar dengan Sumber Tersebut

Karena keterbatasan waktu yang saya miliki, saya memutuskan belajar dengan sumber tersebut dengan memperhatikan keabsahan sumber terlebih dahulu. Selain membaca artikel di website terpercaya mudah dan tidak bertele-tele, jawaban dari segala yang ingin saya ketahui dapat dengan mudah didapatkan.

Sedangkan untuk menonton video di YouTube saya jadikan sebagai selingan. Terlebih jika sedang ingin bersantai, mendengarkan penjelasan para tenaga kesehatan membuat saya mengerti banyak terhadap topik yang sedang dibahas.

Rekomendasi untuk Teman 

Saya merekomendasikan untuk teman-teman yang ingin belajar mengenai perawatan bayi baru lahir, bisa membaca website dan menonton channel YouTube Alodokter. 

Tidak ada komentar