Mengapa Muncul Pandemi Covid-19?

Pandemi merupakan suatu kejadian penyakit yang secara meluas penyebarannya dan menjangkiti masyarakat secara global. Kondisi ini tentu saja menimbulkan berbagai dampak, terutama di sekitar wilayah penderita.

Nah, kini dunia sedang digemparkan oleh satu virus yang konon katanya berasal dari kelelawar dan hewan buas lain yang dikonsumsi dalam kondisi hidup di Wuhan, Cina. 

Covid-19 namanya..



Penyakit yang muncul dan mewabah di Cina akhir tahun 2019 ini ternyata sudah menyebar ke seluruh wilayah dunia. Bahkan beberapa negara menerapkan kebijakan untuk menutup wilayahnya.

Penyebarannya yang sangat cepat tak lain karena transmisi penyakit covid-19 bisa terjadi karena kontak langsung. Apalagi beberapa penderitanya tidak mengalami gejala tapi bisa menularkan yang membuat banyak penderita covid-19 menyebar ke seluruh dunia.

Selain itu, kondisi tubuh manusia yang berbeda daya tahan tubuhnya juga mempengaruhi masuknya mikroorganisme ini ke dalam tubuh. Ditambah dengan perilaku yang kurang sehat menyebabkan penularan penyakit terus menerus terjadi dan tanpa mengenal status.

Meski beberapa kebijakan pemerintah digalakkan. Ternyata banyak masyarakat yang beranggapan bahwa penyakit ini sangat sepele dan dianggap sebelah mata. Hingga banyak pula diskriminasi pada penderita yang membuat banyak orang enggan berkata jujur mengenai kondisinya.

Meski orang lanjut usia merupakan golongan yang rentan terhadap penyakit ini, ternyata justru paramedis lah yang menjadi kelompok risiko tinggi tertular penyakit. Selain karena ketidakjujuran pasien, faktor APD juga menjadi penyebabnya.

Agar pandemi segera berlalu, mari bersama-sama untuk tidak egois dan mementingkan kepentingan sendiri tanpa melihat orang lain.

Tidak ada komentar