All About MPASI (2)



Mengenai MPASI memang perlu update ilmu. Jika saat anak pertama banyak beredar info mengenai penggunaan garam dan gula, kini info MPASI pada anak kedua pun menjadi tambahan info MPASI agar anak terhindar dari malnutrisi.

Apakah menu tunggal dianjurkan untuk awal MPASI?


Saat anak pertama, saya menerapkan MPASI tunggal di 14 hari pertama MPASI. Dulunya saya tahu ini adalah anjuran dari WHO. Ternyata, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Saat anak berusia 6 bulan, kebutuhan nutrisinya meningkat dan ASI tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Satu-satunya cara untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak adalah dengan memberikan MPASI.

Kebutuhan nutrisi tersebut tentunya tidak bisa dipenuhi oleh MPASI menu tunggal. Dan anak sudah harus diberikan MPASI dengan nutrisi lengkap atau menu 4 bintang.

Apakah yang dimaksud dengan menu 4 bintang?


Jika pada orang dewasa berlaku 'piring makanku', pada anak usia 6-24 bulan berlaku menu 4 bintang. 

Pada dasarnya, konsepnya adalah sama dengan memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi per harinya. Yang membedakan adalah komposisi dalam setiap sajiannya.

Jika pada orang dewasa, kebutuhan serat dan karbohidrat sangat diperlukan. Pada anak, justru kebutuhan protein dan lemak menjadi prioritas dalam menyajikan makanan sehat.

Menu 4 bintang yang dimaksud adalah porsi MPASI dengan memperhatikan sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Selain itu, ditambah dengan lemak tambahan dalam setiap porsi makan.

Lemak tambahan pada MPASI apa sajakah?


Jika lemak pada orang dewasa harus dihindari karena bisa memicu risiko penyakit degeneratif, justru pada anak lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel otaknya. Tentunya, lemak yang digunakan adalah lemak yang sehat.

Penggunaan lemak bisa dicampur dengan makanan saat pemasakan ataupun sebagai dressing.

Lemak tambahan pada MPASI bisa menggunakan minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak canola, EVOO, unsalted butter, hingga santan.

Bolehkan memberikan bubur instan pada anak?


Bubur instan atau bubur fortifikasi banyak sekali dijual di pasaran dengan berbagai merek dan rasa. Tentunya hal ini akan memudahkan bagi para orangtua untuk memberikan MPASI tanpa ribet.

Jika banyak orangtua yang khawatir dengan kandungan pengawet pada bubur instan, hal ini bisa diminimalisir dengan mengetahui informasi produknya. Jika produk bubur instan sudah memiliki ijin edar, tentunya bubur instan sudah layak dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh anak.

Selain itu, bubur instan juga sudah memiliki nutrisi tambahan yang diperlukan oleh anak untuk menunjang perkembangannya.

Hanya saja, bubur instan tidak memiliki rasa asli makanan. Sehingga jika anak mengonsumsi bubur instan tiap harinya tidak memiliki pengalaman makanan kaya rasa jika dibandingkan dengan anak yang diberikan MPASI rumahan.

Adakah pantangan untuk memberikan makanan pada anak?


Pada dasarnya, dalam MPASI tidak ada pantangan apapun untuk anak. Hanya saja, orangtua perlu memperhatikan risiko alergi makanan pada anak.

Orangtua bisa menghindarkan makanan yang memicu alergi saat orangtua mengonsumsinya. Hal ini bisa menjadi dugaan anak juga mengalami alergi jika memakannya. Selain itu, saat masa menyusui ibu juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Jika anak mengalami gejala alergi setelah meminum ASI, ibu bisa mengecek makanan yang dikonsumsi sebelum menyusui anak.

Adakah durasi makan untuk anak?


Agar anak tidak merasa bosan saat makan, orangtua perlu memperhatikan tanda anak sudah kenyang. Selain itu, durasi makan yang perlu diperhatikan adalah maksimal 30 menit dalam setiap kegiatan makan anak.

6 komentar

  1. Aku juga langsung kasih 4 bintang. Tadinya aku pikir makan bubur instan tidak baik, tapi ternyata anggapan yang salah. Untuk selingan, tidak masalah.

    BalasHapus
  2. Ini akan sangat berguna sekali karena buat aku kelak Kalau mau nyiapin Mpasi,, luar biasa ternyata ya prepare dan ilmunya
    Maksih ya sharing nya

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sdh lewat masa2 ini. Mmg perlu effort ya utk semua ini, semoga debay nya sehat sllu yaa ..

    BalasHapus
  4. Saat akan memberikan MPASI pada anak memang harus diperhatikan banget yah. Aku bersyukur masa2 ini sudah lewat. Sebagai orang tua memang harus banget nih mencari informasi seperti ini sebelum mulai memberikan MPASI

    BalasHapus
  5. Teringat masa menjelang MPASI anakku, aku juga baca banyak referensi sehingga memutuskan kasih menu 4 bintang sebagai menu pertama. Menu tunggal aku jadiin cemilan

    BalasHapus
  6. Beneran jadi keinget masa-masa mpasi anak. Alhamdulillah, makin banyak mom di jaman sekarang yg dengan murah hati memberikan informasi yang dibutuhkan oleh mom lain diluar sana

    BalasHapus