Apakah Introvert Butuh Liburan?



Sudah 8 bulan kita menghadapi masa pandemi covid-19 seperti ini. Hal ini tentunya membuat kita merasa bosan, apalagi jika hanya di rumah dan rutinitas harian hanya itu-itu saja?

Tapi, apakah seorang Introvert merasakan hal yang sama. Bagaimana caranya untuk mengatasi kebosanan di rumah?

Saya sendiri sebagai seorang Introvert cukup diuntungkan dengan situasi seperti ini. Ditambah lagi karena ada bayi menjadi pelengkap ke-mager-an saya untuk tetap berada di rumah.

Mungkin bagi orang yang ekstrovert hal ini bukanlah pilihan aktivitas yang tepat. ekstrovert akan memilih melakukan apapun untuk sekadar mencari angin segar di luar. Tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan ya?

Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap bisa dilakukan seorang introvert untuk berlibur versi dirinya sendiri. Tentunya hal ini akan membuat pikirannya lebih rileks, meski versi liburan introvert ini hanya di rumah saja.

1. Mager seharian

Versi liburan bagi para introvert mungkin lebih banyak suka mager seharian. Biasanya kamar tidur menjadi spot favorit untuk bisa mager selama seharian.

Jika ingin tidur, bisa tiduran tanpa ada yang mengganggu. Beberapa juga akan menonaktifkan ponselnya agar liburan versi dirinya bisa lebih terpuaskan.

2. Nonton atau baca?

Melakukan aktivitas yang disukai lebih menarik untuk introvert daripada hanya sekadar pergi ke luar rumah. Apalagi untuk liburan kini bisa dilakukan di dalam rumah.

Perkembangan teknologi mendukung akan hal ini. Dengan adanya jalan-jalan virtual ataupun menonton dokumentasi perjalanan wisata di YouTube bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para introvert.

3. Tidak melakukan pekerjaan rumah apapun

Melakukan aktivitas bebas selama seharian bisa menjadi pengobat hati bagi para introvert. Tipe ini memang lebih banyak berorientasi pada aktivitas yang bisa dikerjakan di rumah. Hanya saja, terkadang aktivitas tersebut membuat ia merasa bosan dan ingin rehat sebentar dari aktivitasnya tersebut.

4. Pengen makan, order online saja

Jika kebanyakan orang akan wisata kuliner, introvert mungkin akan suka jika aktivitas kuliner lebih dilakukan di tempat yang tidak terlalu ramai. Untuk bisa menikmati kuliner pun sekarang tetap bisa dilakukan di rumah dengan melakukan pemesanan melalui jasa online.

5. Tetap bisa shopping

Perkembangan teknologi akan sangat memudahkan bagi para introvert. Meskipun hanya di rumah, seorang introvert tetap bisa berbelanja dengan melalui e-commerce ataupun marketplace. Selain itu, untuk mengunjungi pameran sekarang pun bisa dilakukan melalui marketplace untuk berbelanja hal yang disukai.

Meskipun tidak semua introvert lebih menyukai liburan di rumah, tetapi kepribadian introvert yang cenderung lebih besar dibandingkan kepribadian ekstrovertnya cenderung lebih suka menarik diri dari lingkungannya. Dirinya lebih menyukai berada di tempat tenang ataupun di tempat yang tidak terlalu ramai.

Beberapa versi liburan introvert memang tidak bisa disamakan. Beberapa cenderung lebih menyukai wisata alam dan menantang daripada harus di rumah. Tetapi, tetap diingat bahwa persiapan berlibur tetap harus direncanakan agar liburan menjadi lebih menyenangkan.

2 komentar

  1. Aku pun sudah cukup happy bisa shopping dari rumah, Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting transferan lancar ya mbak. Hehehe

      Hapus