Upaya Pencegahan Covid-19 dengan Clarity Air Disinfektan

Di masa pandemi seperti ini kesehatan tubuh perlu dijaga, agar imunitas tidak menurun. Terlebih covid-19 kini merupakan penyakit yang menular melalui udara (airborne disease) yang sangat cepat, karena yang dulunya menular melalui droplet bisa terbang terbawa angin.

Di rumah sendiri ada bayi yang imunitasnya masih berkembang, tentunya saya tidak boleh sembarang dalam menjaga kesehatan. Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PBHS) harus diterapkan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga yang lain.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Di saat pandemi ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar imunitas tak menurun dan terhindar dari serangan penyakit. Apalagi kini musim sudah berganti, tentunya pertahanan tubuh harus dijaga. Beberapa cara ini bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat.

1. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar tubuh tetap bugar dan sehat, setidaknya harus melakukan olahraga seminggu 2-3 kali dengan durasi per sesi 30 menit.

2. Istirahat cukup

Tidur yang cukup dapat menjaga emosi menjadi lebih stabil. Setidaknya membutuhkan waktu minimal 6 jam dalam sehari.

3. Konsumsi makanan sehat

Makan makanan bergizi akan membuat tubuh tetap sehat. Gunakan pedoman piring sehat dari Kemenkes ya?

4.Menjaga kebersihan lingkungan

Karena covid-19 merupakan jenis airborne disease, maka kebersihan lingkungan perlu dijaga. Bersihkan rumah secara teratur setiap hari dan jangan lupa untuk selalu disinfeksi peralatan rumah yang sering dipegang.

5. Minum suplemen

Jika dirasa ingin membutuhkan tambahan nutrisi, kita bisa meminum suplemen tambahan. Untuk menambah daya tahan tubuh bisa minum suplemen yang mengandung vitamin D, zinc, vitamin A, dan vitamin C.

6. Berpikir positif

Berpikir positif dan tetap optimis dalam meningkatkan sistem imun. Jadi, jangan suka suudzon ya? Hehe

7.Menerapkan protokol kesehatan

Terapkan protokol kesehatan saat keluar dari rumah. Akan lebih baik jika menahan diri untuk tetap di rumah.

8.Menggunakan air disinfektan

Air disinfektan dapat membunuh kuman yang ada di udara. Tentunya hal ini sangat penting untuk mencegah penularan covid-19.

Cara Mencegah Penularan Covid-19

Tentunya ketika ada yang memiliki risiko tinggi covid-19, upaya pencegahan penularan covid-19 tentunya harus dilakukan dengan ketat. Sebagai pedomannya, berikut cara yang bisa dilakukan.

1. Bersihkan badan setelah keluar rumah

Ketika keluar dari rumah, ada baiknya untuk segera mandi dan berganti pakaian dengan yang bersih.

2. Terapkan etika batuk

Jika sedang mengalami batuk, ada baiknya untuk menerapkan etika batuk di rumah. Tetap jaga jarak dengan anggota keluarga lain agar tidak menulari ke yang lain.

3. Desinfeksi barang

Jangan lupa untuk mensterilkan barang yang sering dipegang, seperti pegangan pintu.

4. Gunakan air disinfektan

Air desinfektan dapat membunuh kuman yang ada di udara. Secara efektif tentunya akan mencegah penularan covid-19 di dalam rumah.

Pentingnya Menggunakan Air Desinfektan

Air desinfektan akan dengan efektif mencegah penularan penyakit dari udara. Tentunya dengan menggunakan air desinfektan ini perlu mempertimbangkan beberapa kriteria untuk menggunakan air desinfektan.

1. Bukan jenis aerosol

Aerosol akan meningkatkan risiko kuman untuk bertebaran di udara. Hal inilah yang membuat covid-19 menjadi penyakit yang bisa menularkan melalui udara.

2. Bukan dari alkohol

Alkohol perlu dihindari dalam pembuatan air desinfektan. Hal ini dikarenakan alkohol dapat mengeringkan kelenjar mukosa yang dapat meningkatkan risiko terpapar mikroorganisme.

3. Multifungsi

Tentunya, air desinfektan tak hanya bisa digunakan untuk mensterilkan udara saja. Tetapi juga bisa untuk mendesinfeksi peralatan dan sebagai hand sanitizer.

4. Aman

Pastinya produk air desinfektan yang digunakan harus aman untuk seluruh anggota keluarga dan tidak berbahaya saat dihirup. Untuk mengetahuinya, pastikan produk memiliki pH antara 4,6 hingga 5,5 sebagai pH alami kulit.

Untuk bisa mendapatkan produk yang aman, tentunya kita harus selektif dalam memilih produknya. Saya sendiri menemukan produk Clarity Air Disinfektan yang aman dan sudah terdaftar di Kemenkes RI.

Clarity Air Disinfektan

Clarity Air Disinfektan merupakan produk yang mampu melindungi keluarga dari penyebaran penyakit yang berbahaya. Selain itu, produk ini secara aktif mampu melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Produk ini dibuat oleh profesional yang tentunya sudah bidangnya dan teruji dengan baik.



Untuk kemasannya, sendiri produk ini menggunakan botol spray dengan ukuran 100 ml. Memiliki dominasi warna putih, produk ini terlihat elegan.

Menariknya, bahan pembuatan ini alami dan sudah dibuktikan di beberapa jurnal ilmiah internasional. Produk ini merupakan kombinasi antara medical grade dan food grade yang pastinya aman digunakan oleh semua umur serta aman untuk kulit, rambut, dan saluran pernapasan.

1. Eucalyptus 

Bahan ini ternyata bisa membunuh kuman hingga efektivitas sebesar 99,9%.

2. Melaleuca alternifolia atau tea tree

Secara efektif dapat membunuh kuman

3. Benzalkonium chloride

Biasanya digunakan untuk sterilisasi alat bedah dan aman untuk digunakan.

Produk ini sendiri memiliki beragam keunggulan yang pastinya aman untuk digunakan. Saya sendiri tidak khawatir saat menyemprotkan produk di dalam rumah. Meskipun ada bayi di rumah, produk ini tidak menimbulkan reaksi alergi atau risiko kesehatan lainnya. Selain itu, produk ini memiliki bau khas eucalyptus dan tea tree yang menyegarkan. Kalau punya air diffuser bisa banget menggunakan air desinfektan ini.

Nah, untuk mencegah penularan covid-19 selalu ingat beberapa hal untuk memilih air desinfektan:

1. Jangan hanya mengandalkan cuci tangan atau hand sanitizer, karena hanya 50% secara efektif membunuh kuman

2. Jangan menggunakan obat aerosol, karena bisa memicu kuman terbang dan menjadi airborne.

3.Jangan gunakan produk yang mengandung alkohol, karena mengeringkan mukosa yang berakibat pada tubuh rentan terinfeksi penyakit.

Dengan memperhatikan hal tersebut, saya semakin yakin dengan Clarity Air Disinfektan mampu membunuh kuman dan menjaga keluarga dari terpaparnya infeksi covid-19.




16 komentar

  1. Maka itulah kita pun harus menjaga kesehatan supaya bia terhindar dari penyakit seperti Corona

    BalasHapus
  2. Tapi aku pernah baca artikel kalau covid19 gak nular lewat udara mba,
    Cuma ya buat jaga jaga mesti sedia ini ya mba biar pada KO virusnya :)

    BalasHapus
  3. Kalau pakai desinfektan mungkin kita merasa lebih aman dari kuman2 yang menempel di surface area

    BalasHapus
  4. Saya cuma bawa hand sanitizer aja klo kemana². Ternyata disinfektan juga ada kemasan botol kecil. Jadi bisa dimasukin ke dalam tas juga, ya. Apa saya yang kudet karena baru tahu ya? :)

    BalasHapus
  5. Waah aku dapat nih kemarin. Lagi coba juga. Bentuknya travel friendly, suka deh.

    BalasHapus
  6. Cakep kemasannya dan aman untuk anak anak
    Jadi ngga mungkin keminum
    Kemarin ngga sengaja saya minum desinfektan karena kemasannya mirip AMDK

    BalasHapus
  7. Memang di masa pandemi ini, banyak sekali hal-hal yang harus kita lakukan dan persiapkan ya, Mbak. Tapi tidak apa, agar terus sehat dan mencegah penularan virus juga. Dan desinfektan ini perlu sekali disedakan. karena multifungsi dan bentuknya yang praktis bisa dibawa ke mana-mana.

    BalasHapus
  8. Mulai banyak disinfektan yang diproduksi dengan kemasan ekonomis dan mudah dibawa ke mana-mana. Sangat inovatif

    BalasHapus
  9. protokol kesehatan sudah... biar lebih tenang, selalu sedia clarity air desinfektan ya. semprot terus kuman lari deh

    BalasHapus
  10. wah baru tau nih ada desinfektan yg bisa dibawa kemana-mana.. setidaknya buat melindungi diri sendiri kalo emg lg ada kerjaan keluar hihi

    BalasHapus
  11. Thank you infonya mba, ternyata desinfektan yang mengandung alkohol tidak aman yaa, wah harus beralih ke clarity nih

    BalasHapus
  12. Bersyukur banget ya sekarang mulai banyak produk disinfektan yang dijual dalam kemasan praktis seperti ini. Semoga kita tetap sehat, dan pandemi segera berakhir

    BalasHapus
  13. Sekarang makin banyak pilihan disinfektan ya,Mbak. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

    BalasHapus
  14. Jadi banyak pilihan disinfektan yang mudah dibawa kemana saja ya mba. Jadi pengen cari juga

    BalasHapus
  15. Disinfektan udah jadi kebutuhan pokok ya sekarang. Dan baru tahu kl yg mengandung alkohol ternyata berbahaya ya..

    BalasHapus
  16. Semakin sering baca Clarity Disinfectant ini makin penasaran. Multifungsi banget ya. Bisa dibawa ke mana-mana lagi :)

    BalasHapus