Nabung Emas di Pegadaian, Apakah Untung?



"Rajin menabung" menjadi salah satu nilai yang ditanamkan sejak kecil. Masih ingat bukan saat SD dulu lebih banyak buku yang berisi manfaat menabung? 

Saya masih terngiang-ngiang di zaman dulu. Setiap buku pelajaran SD ada pelajaran mengenai pentingnya menabung, entah itu di pelajaran PPKN atau sebagai contoh di pelajaran Bahasa Indonesia. Pun dengan sampul coklat khas anak sekolah, pasti ada slogan 'hemat pangkal kaya'.

Nilai tersebut pun lebih melekat di dalam diri saya. Menabung menjadi hal yang wajib jika sewaktu-waktu membutuhkan uang tersebut karena ada keperluan mendadak ataupun barang yang ingin dibeli.

Tetapi, terkadang saat menabung sulit untuk tidak mengambil sebagian dari hasil tabungan. Alhasil, lama-lama tabungan yang ingin digunakan untuk keperluan tertentu lama-lama menjadi tergerus.

Salah satu cara untuk mengamankan sebagian penghasilan adalah dengan cara berinvestasi. Tapi, bagaimana cara berinvestasi? Apakah orang desa bisa berinvestasi? 

Apa itu investasi?

Menurut KBBI, investasi adalah penanaman modal atau saham dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Dari definisi di atas tentunya sudah sangat jelas bukan? Hanya saja, terkadang tidak semua orang bisa melakukan investasi. Salah satu penghambatnya adalah adanya modal dan akses untuk berinvestasi.

Dengan berinvestasi, setidaknya uang yang kita miliki lebih aman, karena tidak mudah untuk diambil. Selain itu, investasi juga akan memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Hanya saja, untuk melakukan investasi perlu mengenali jenis investasi terlebih dahulu. Beberapa referensi menyebutkan investasi terdiri dari 2 jenis, yaitu Investa jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Untuk investasi jangka pendek biasanya berkisar antara 1-3 tahun. Contohnya adalah reksadana. Sedangkan investasi jangka panjang cenderung memiliki kurun waktu 5 tahun hingga puluhan tahun untuk bisa mendapatkan keuntungan. Contohnya adalah saham dan emas.

Mengapa harus berinvestasi?

Seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan orang akan bertambah seiring berjalannya waktu. Selain untuk persiapan di masa tua, investasi juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan di bidang pendidikan.

Beberapa keuntungan investasi seperti berikut.

  • Memenuhi kebutuhan dengan biaya yang besar

Secara umum, penghasilan bulanan biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga sebagai tabungan. Hanya saja, jika penghasilan yang dimiliki tidak terlalu banyak akan menyulitkan, apalagi jika ada kebutuhan mendadak. Dengan investasi akan memudahkan memenuhi kebutuhan dengan biaya besar tanpa membutuhkan pinjaman. 

  • Meningkatkan kekayaan

Selain tabungan, investasi menjadi peningkatan aset finansial yang cukup tinggi. Efek compounding atau bunga bergulung menjadi keuntungan signifikan yang bisa diperoleh saat berinvestasi.

  • Melindungi dari inflasi

Dilansir dari berbagai sumber, rata-rata inflasi di Indonesia sebesar 8,2%. Tentunya hal ini sangat besar. Jika menyimpan harta dalam bentuk uang, merosotnya nilai mata uang akan sangat terasa. Berbeda jika kita menyimpannya dalam bentuk investasi yang cenderung akan menguntungkan meski Indonesia mengalami inflasi.

Emas, Investasi tepat untuk semua lapisan masyarakat

Bagi yang ingin berinvestasi, kini tidak perlu ragu lagi dalam memilih jenis investasi yang tepat. Kita bisa melakukan investasi emas yang memiliki berbagai keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan jika kita memilih investasi emas sebagai simpanan dana di masa depan.

  • Pasti menguntungkan

Siapa yang mengira jika kini emas memiliki harga yang melambung tinggi. Hampir 1 juta setiap gramnya mungkin cukup mahal buat yang akan membeli emas. Berbeda jika kita membeli emas dua tahun lalu yang harganya cuma setengah juta. Tentu sudah terlihat untung yang di dapat bukan?


Program nabung emas Shopee

  • Bisa dijangkau semua lapisan masyarakat

Emas menjadi jenis investasi yang cukup menggiurkan dan bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain mudah didapatkan, emas juga bisa dijual sewaktu-waktu saat membutuhkan.

  • Risiko kerugian lebih minim

Seperti yang kita ketahui bahwa investasi emas lebih menguntungkan karena harganya yang relatif naik seiring berjalannya waktu. Nah, investasi emas memiliki risiko yang lebih kecil dari kerugian. Kecuali kalau kehilangan emas, beda lagi ceritanya. Eh...

  • Pilih logam mulia dibanding perhiasan

Jika biasanya orang lebih banyak membeli emas jenis perhiasan untuk koleksi, ada baiknya untuk beralih membeli logam mulia. Logam mulia cenderung memiliki nilai jual yang stabil atau meningkat dibandingkan emas dalam bentuk perhiasan yang cenderung turun saat dijual kembali.

Bagaimana cara membeli logam mulia?

Membeli logam mulia menjadi cara yang tepat berinvestasi tanpa harus takut risiko mengalami kerugian. Untuk membeli logam mulia pun banyak caranya. Bisa langsung ke gerai antam, toko perhiasan yang menyediakan logam mulia, reseller logam mulia, dan pegadaian.

Kemudahan menabung emas di Pegadaian

Salah satu cara membeli logam mulia yang paling mudah adalah melalui pegadaian. Program tabung emas di Pegadaian ini memang bukanlah program baru, tetapi dengan membuka rekening di Pegadaian, kita bisa berkesempatan menabung emas sesuai dengan kemampuan kita saat ini. Agar lebih yakin, berikut kemudahan yang didapat dengan menabung emas di Pegadaian.

  • Pegadaian bisa ditemukan di seluruh pelosok

Berinvestasi emas di Pegadaian sangatlah mudah. Bahkan jika tinggal di pedesaan pun bisa mulai berinvestasi emas di Pegadaian. Hanya dengan datang ke Pegadaian dan mendaftar rekening untuk buka tabungan emas pegadaian.

  • Mudah dalam mendaftar

Untuk mendaftar tabung emas pegadaian sangat mudah. Hanya dengan datang ke Pegadaian serta membawa KTP dan KK. Untuk mendaftar juga diperlukan biaya materai 6000 dan biaya administrasi dalam setahun sebesar 30 ribu rupiah.

  • Bebas menentukan nominal saat menabung

Untuk menabung di Pegadaian sangat mudah. Kita hanya perlu membawa sejumlah uang untuk ditabung. Nantinya uang yang ditabung akan dikonversikan dengan harga emas di hari tersebut.

  • Bisa diambil dalam bentuk uang

Menariknya, meskipun nilai tabungan emas dalam bentuk gram emas, kita bisa mengambilnya dalam bentuk uang. Nantinya saldo tabungan akan dihitung dengan jumlah gram emas yang ada di tabungan dikurangi dengan jumlah uang yang sudah dikonversikan dalam gram emas.

  • Bisa dicetak emas

Jika ingin mencetak emas dan ingin memilikinya, pegadaian juga bisa memfasilitasinya. Kita tinggal mengajukan permintaan untuk cetak emas dan membayar sejumlah uang untuk memprosesnya.

Bagaimana cara menabung emas di Pegadaian?

Dengan mengetahui cara mendaftar program tabung emas pegadaian, kita juga perlu mengetahui cara menabungnya. Pegadaian sendiri menyediakan beragam metode menabung yang bisa disesuaikan dengan kondisi kita. 

  • Datang langsung ke Pegadaian

Cara paling mudah untuk menabung emas adalah datang langsung ke Pegadaian. Bawalah uang untuk menabung dan langsung ke teller pegadaian prosesnya. Jangan lupa untuk membawa buku tabungannya ya?

  • Melalui aplikasi 

Jika tidak memungkinkan datang langsung ke Pegadaian, menggunakan aplikasi Pegadaian sangat mudah. Hanya dengan mendaftar akun terlebih dahulu melalui kantor pegadaian terdekat dan jika ingin menabung dari rumah tinggal buka aplikasi dan transfer.

  • Melalui Shopee

Jika merasa berat harus mendaftar akun aplikasi ke kantor pegadaian, cara mudahnya adalah melalui Shopee. Program ini baru saja diluncurkan dan bisa menabung mulai dari 500 rupiah saja. Sebelum menabung, pastikan sudah isi saldo ShopeePay ya?

Program nabung emas Pegadaian Shopee

Jadi, sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak berinvestasi? Selain memberikan keuntungan dan minim risiko, investasi emas juga mudah dilakukan oleh siapapun orangnya.


Artikel ini diikutsertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator




7 komentar

  1. Kak, mau tanya dong.
    Ketika uang kita dikonversikan ke dalam emas, menggunakan harga beli atau harga jual?
    Bagaimana dengan pencairan dana? Harga mana yang dipakai ya?

    Makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai harga beli kalau mau nabung mbak. Pencairan dana nanti tinggal ke Pegadaian sambil bawa buku tabungan emasnya, pakainya harga jual saat diambil

      Hapus
  2. Beberapa e-commerce juga mulai membuka transaksi logam mulia ya. Sempat pengen nyoba sih, tapi ternyata harus lapor atau data dulu ke pegadaiannya. Jadi, kayaknya sama aja ya, mending beli di pegadaian langsung, heh..

    BalasHapus
  3. wah baru tahu mbak di shopee ada invesatsi emas. kemarin saya malah ditawari yang e commerce satunya, invest emas. Padhal hari-hari saya main di shopee, belanja ya main game juga.

    BalasHapus
  4. ih bisa lewat pegadaian yaa. simpel banget kalau gitu. Emas ini masih paling umum dipakai investasi oleh masyarakat indonesia ya, jadi kalau pegadaian memfasilitasi bakalan lebih memudahkan buat inves nih

    BalasHapus
  5. wah enak bgt ya Pegadaian sekarang udah bisa online, bisa lewat shoppee lagi :) aku termasuk yang suka nyicil beli LM di pegadaian dahulu kala hahah lumayan juga, nyicil2 nggak berasa :)

    BalasHapus
  6. Omooo ada pegadaian di shopee, baru tauuuu. Jadi semakin mau coba inves di emas.

    BalasHapus