Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Tanpa Ribet

 

Cara Memasak Nasi dengan Kompor


Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Tanpa Ribet - Di zaman yang serba modern ini memasak apapun jadi lebih mudah. Jika dulunya harus bersusah payah memasak menggunakan tungku, sekarang memasak lebih mudah dengan adanya kompor gas. Meski begitu, untuk memasak nasi pun kini lebih dipermudah dengan menggunakan rice cooker.

Ternyata, memasak menggunakan rice cooker juga ada plus minusnya. Salah satu yang paling banyak dikhawatirkan para emak adalah ketika listrik mati. Mau tidak mau ya harus masak pakai kompor gas. Tapi, jangan sampai khawatir, karena cara memasak nasi dengan kompor gas itu mudah, asal tahu tipsnya.


Memasak Nasi Tim


Nasi tim biasa dibuat untuk MPASI ataupun ketika ada yang sakit. Cara memasaknya pun sebenarnya sangatlah mudah. Apalagi dengan menggunakan kompor gas, memasak nasi tim relatif lebih cepat, karena api kompor bisa tetap stabil.

Untuk memasak nasi tim dengan kompor gas, cukup dengan menggunakan dandang dan baskom stainless yang digunakan untuk membuat nasi tim. Biasanya banyak dijual di toko perlengkapan rumah tangga.

Selain itu, perhatikan pula takaran air memasak nasi. Untuk memasak nasi tim, takaran air yang digunakan lebih banyak dibandingkan dengan memasak nasi biasa. Untuk memasaknya juga bisa ditambah dengan protein ataupun sayur jika nasi yang dikonsumsi untuk MPASI anak.

Memasak dengan kompor gas cukup dengan meletakkan dandang di atas kompor. Kemudian, isi dandang menggunakan air dan masukkan baskom stainless yang sudah berisi beras dan air ke dalamnya. Jadi tak ada saringan di atas air ya?

Untuk proses pemasakannya sendiri cukup mudah. Setidaknya butuh 45 hingga 60 menit untuk nasi tim menjadi matang. 

Memasak menggunakan metode ini sangatlah mudah. Selain bisa ditinggal mengerjakan yang lain, tidak perlu ribet untuk mengaduk-aduk nasi supaya matang. Cocok banget kan bagi yang tak ingin ribet menyiapkan MPASI anak?


Memasak Nasi untuk Hajatan


Jika biasanya memasak nasi bisa menggunakan rice cooker, tapi jika ternyata perlu banyak nasi matang untuk hajatan ataupun ada acara keluarga, tentunya menggunakan rice cooker sangat tidak efisien. Caranya adalah menggunakan kompor gas. Tapi jika ingin lebih cepat lagi, bisa menggunakan kompor gas khusus yang biasanya digunakan untuk memasak dalam jumlah besar.

Untuk memasak nasi guna keperluan hajatan bisa menggunakan dandang dengan ukuran yang besar. Tapi pastikan kekuatan kompornya juga ya?

Memasak nasi langsung dengan dandang ini juga cukup mudah. Cukup dengan membersihkan beras menggunakan air mengalir. Kalau ingin lebih gampang gunakan wadah khusus untuk memberikan beras, biasanya terbuat dari sayatan kayu. Alat ini cukup mudah digunakan dan memiliki ukuran yang sangat besar. Sehingga akan memudahkan emak untuk membersihkan beras dalam jumlah yang besar.

Setelah itu, masukkan beras ke dalam dandang. Jangan lupa untuk diberi air ya. Tutup dandang menggunakan penutupnya dan tunggu hingga matang.

Untuk memasak beras dalam jumlah besar ini relatif membutuhkan waktu yang lama. Setidaknya membutuhkan 2-4 jam waktu memasak, tergantung dari banyaknya beras.

Agar nasi matang merata, jangan lupa untuk mengaduk nasi ya? Gunakan saja spatula kayu yang ukurannya besar (yang hampir mirip dengan pengayuh kano, cuma lebih pendek sedikit).

Untuk mengetahui nasi sudah matang, cek secara berkala. Jika nasi sudah tidak menempel di tangan, itu tandanya nasi sudah matang. Mudah bukan, cara menanak nasi manual dengan cara ini?


Memasak Nasi Saat Mati Listrik


Bagi emak, mungkin hal yang tidak disukai saat mati listrik adalah ketika beras belum dimasak. Apalagi kalau ditambah hujan deras, mau keluar beli makanan yang sudah matang pun malas rasanya. Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memasak nasi dengan kompor gas.

Cara memasak nasi pakai kompor gas ini sebenarnya cukup mudah. Tetapi, jika ingin hasil yang matang sempurna dan nasi tidak pero, setidaknya butuh dua langkah dalam memasaknya.

Pertama, setelah beras dicuci, masukkan beras ke dalam panci. Jangan lupa untuk memberi air juga ya. Tahap pertama ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk memasak beras dengan ukuran 1,5 kg.

Sambil dimasak, jangan lupa untuk terus mengaduknya agar tidak ada yang gosong. Selain itu, cara ini juga akan membuat nasi cepat matang.

Sambil menyiapkan pemasakan tahap kedua, panaskan dandang yang sudah diberi air. Letakkan saringan kukusan di atasnya. Jika air sudah agak menyusut di panci, matikan kompor dan lanjut ke tahap kedua.

Tahap kedua bisa dilakukan jika dandang sudah mulai panas. Masukkan beras setengah matang yang sudah dimasak sebelumnya. Kukus beras hingga benar-benar matang setidaknya butuh waktu 30 menit. Jika nasi sudah benar-benar matang, sajikan menggunakan bakul nasi.

Untuk nasi yang lebih wangi, pada tahap pengukusan bisa ditambahkan dengan daun pandan juga.


Tips Mudah Memasak Nasi dengan Kompor Gas


Untuk memasak nasi menggunakan kompor gas, sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses pemasakannya.


1. Pastikan gas tersedia cukup


Untuk memasak nasi dengan kompor gas memang terbilang lebih efisien. Selain bisa memasak nasi dengan jumlah banyak, setidaknya hanya butuh gas. 

Agar proses memasak nasi bisa lancar, ada baiknya untuk memastikan gas yang digunakan cukup selama memasak nasi. Hal ini bisa disesuaikan dengan jumlah beras yang dimasak dan ukuran dandang.


2. Pastikan air yang digunakan memasak cukup


Takaran air yang digunakan untuk memasak nasi pun harus diperhatikan. Jika air yang digunakan terlalu sedikit, maka nasi yang dihasilkan akan sangat keras.

Untuk takaran air yang digunakan pun harus disesuaikan dengan jumlah beras yang dimasak. Dalam hal ini, praktik memasak nasi dengan kompor gas harus dilakukan agar mendapatkan nasi yang pulen.


3. Gunakan dandang sesuai dengan beras yang dimasak


Penggunaan dandang dalam proses memasak nasi juga harus diperhatikan. Apalagi berbagai macam dandang tersedia di pasaran dalam ukuran dan bentuk yang berbeda. 

Gunakan dandang yang tidak sesak saat digunakan untuk memasak nasi. Jika dandang tidak muat digunakan dalam memasak nasi, maka proses pematangan nasi tidak bisa merata. Cara memasak nasi menggunakan kompor gas ini memang terdengar cukup rumit. Apalagi jika harus masak nasi dalam jumlah banyak dan ingin mengefisienkan waktu, cara mudahnya adalah menyewa dandang khusus untuk memasak nasi.


4. Jangan lupa untuk mengaduk agar tidak gosong


Berbeda dengan memasak nasi menggunakan rice cooker, ketika menggunakan kompor gas, risiko nasi gosong bisa saja terjadi.

Nasi yang gosong saat dimasak biasanya karena nasi tidak diaduk saat proses pemasakan. Bisa juga terjadi karena api yang digunakan terlalu besar, sehingga bagian bawah dandang menghasilkan nasinyang berkerak.


5. Pastikan nasi matang sebelum mematikan kompor


Hal yang tidak bisa diprediksi saat memasak nasi menggunakan kompor gas adalah saat nasi benar-benar sudah matang. Hal ini tentunya membutuhkan insting saat proses pemasakan. 

Nasi yang dimasak menggunakan dengan kompor biasanya tidak lengket saat dipegang. Meskipun nasi agak keras dibandingkan dengan memasak menggunakan rice cooker, ketika dicoba sudah tidak ada bagian yang keras atau masih berupa beras. 

Untuk mencoba nasi yang matang sempurna, cobalah nasi yang berada paling atas. Jika nasi yang ada di bagian paling atas sudah matang, berarti seluruh nasi yang ada di dandang sudah benar-benar matang sempurna.


6. Tak hanya bisa untuk memasak nasi putih saja


Memasak nasi menggunakan kompor gas ternyata tak hanya bisa memasak nasi putih saja. Emak bisa mengkreasikan masakan untuk hidangan yang lebih lezat. 

Menggunakan kompor gas ternyata bisa digunakan untuk memasak nasi kuning ataupun nasi uduk. Selain itu, memasak beras merah juga cukup mudah jika menggunakan kompor gas.

Mudah bukan cara memasak nasi dengan kompor gas? Cara ini bisa emak lakukan dengan mudah jika mengikuti tips di atas. Selamat mencoba.

1 komentar

  1. Masak nasi dengan cara tradisional gini malah justru bikin nasi di rumah awet, mak. Terus pulen dan ngga tau kenapa rasanya beda gitu. Padahal berasnya mah sama

    BalasHapus