Pentingkah Resolusi 2021?


Introspeksi diri menjadi hal perlu dilakukan agar kita mengetahui bagaimana hambatan dan apa saja keberhasilan yang sudah dicapai. Sepele? Memang, tetapi ternyata dengan instrospeksi diri kita jadi lebih mengetahui kapasitas diri dan bagaimana cara meningkatkannya untuk mencapai impian di hari berikutnya.

Nah, ketika melakukan introspeksi diri biasanya juga perlu membuat perencanaan apa saja yang ingin dilakukan dan dicapai. Tentunya, perlu juga diseimbangkan dengan visi misi hidup. Sehingga, ketika kita membuat resolusi 2021 menjadi lebih mudah.

Membuat resolusi tahunan

Membuat resolusi tahunan tentunya harus perlu banyak pertimbangan. Hal ini perlu diketahui agar setiap poin dari impian yang ditulis bisa terlaksana.

Baca juga : pertimbangan membuat resolusi

Saya masih ingat ketika masuk kuliah dulu. Berbagai seminar motivasi banyak difasilitasi kampus agar memiliki motivasi maju dan juga prestasi selama di kampus. Salah satu hal yang sering diulang dan dibagikan adalah menulis impian.

Sederhana memang. Tetapi ternyata dari tulisan tersebut bisa menjadi sebuah doa. Saya pun sering sekali menuliskan impian yang ingin saya capai. Biasanya saya tulis setiap semester di buku catatan. Menjadi suatu afirmasi positif, satu per satu impian tersebut pun bisa terealisasi.

Ketika masa tersebut usai, saya pun mencoba kembali menuliskan impian tersebut. Tentunya dengan periode waktu yang berbeda. Meski seringkali meleset, tetapi dengan adanya resolusi inilah saya bisa mengukur kemampuan diri.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat resolusi tahunan?

Pada dasarnya ketika membuat resolusi tahunan perlu mempertimbangkan fokus yang ingin dicapai. Selain itu, ada baiknya untuk menuliskannya di manapun agar selalu ingat dan tidak lepas dari target yang ingin dicapai.

Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, saya pun sering kali menuliskan resolusi tahunan di blog, tentunya dengan tema yang tidak jauh-jauh dari 'menulis'.

Menulis ini pun perlu dibuat targetan. Apalagi jika menyangkut tentang karya dan kualitas menulis. Saya sendiri pun percaya, jika menulis perlu diasah agar kualitasnya bisa meningkat. Pun jika ingin diniatkan sebagai seorang profesional, perlu juga menambah jam terbang untuk mencari ilmunya.

Tahun 2021 ada targetan menulis? Tentu saja. Tak hanya untuk menulis di blog saya sendiri ini. Ada pula keinginan untuk menulis jurnal ilmiah. Satu hal yang ingin saya lakukan, tapi belum sempat terlaksana. Terlebih masalah pendanaan penelitian dan juga perlunya mencari partner dalam melakukan proyek.

Target? Apakah harus diukur dengan karya atau prestasi? Saya sendiri tentunya harus mengukur kapasitas diri, apalagi saya bukan termasuk tipe orang yang ambisius. Meski begitu, bukan berarti harus tercapai semua targetannya, tetapi setidaknya harus ada progres yang sudah dicapai. 

Apa saja resolusi 2021?

Membahas tentang resolusi 2021, tentunya banyak hal yang ingin saya capai di tahun depan. Tak hanya tentang hal tulis menulis saja. Ada beberapa hal lain yang juga ingin saya capai, termasuk dalam hal pendidikan anak.

Dengan komitmen untuk melaksanakan homeschooling pada anak ini tentunya perlu dibuat perencanaannya. Memang, sekarang saya masih terbantu, karena mengikuti sistem di PKBM selama satu semester ke depan. Tetapi, untuk pertengahan tahun depan tentunya perlu membuat kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan perkembangan anak.

Tak hanya dalam hal pendidikan anak saja yang perlu dicapai. Dari sisi finansial dan program pengembangan diri pun perlu juga direncanakan dan dibuat target. 

Hmm, bagaimana resolusi 2021-mu? Apakah sudah dibuat targetannya?


Artikel ini diikutsertakan dalam minggu tema Komunitas Indonesian Content Creator

18 komentar

  1. ahhh semoga semua resolusi kita sukses ya mba Alif. Semoga homeschoolingnya lancar, pandemi gini HS emang pilihan tepat. Dan masalah pendidikan anak juga masih mendapat porsi besar PR saya ke depan. Semangat!

    BalasHapus
  2. Wah, jurnal ilmiah ya, keren ih mbak Kiki.. semoga dikasih mudah dan segera tercapai ya mbak, ditunggu lho :D

    Dan semoga lancar juga rencana untuk homeshcoolingnya, aamiin..

    Kalo aku sih nggak terlalu punya detail resolusi, yang penting kehidupan di tahun depan bisa jadi lebih baik :D

    BalasHapus
  3. Bener banget mba. Dengan membuat resolusi memang ada afirmasi positif yang bisa kita dapatkan. Semoga sukses ya untuk homeschooling anak-anaknya.

    Aku juga baru tergambarkan dengan resolusi 2021 tapi belum secara spesifik. Semoga semua resolusi kita di 2021 tercapai.

    BalasHapus
  4. Saya setuju dengan list yang ingin dicapai sebagai sebuah affirmasi positif dan supaya kita fokus pada hal tersebut.

    Saya termasuk yang memerlukan fokus, karena kesulitan saya untuk fokus. Sehingga jadi sebuah kebutuhan. Di 2021 sendiri, sama seperti tahun ini, saya ingin menyelesaikan apa yang sudah saya pernah mulai, dan bisa memulai dengan topik atau fokus yang baru.

    BalasHapus
  5. Semoga target-targetnta tercapai ya Mbak. Khhususnya jurnal penelitiannya. Keren banget hehe. Semoga sehat-sehata selalu juga aamiin

    BalasHapus
  6. halo kak Alif,
    wah kakak homeschoolingkan anak-anaknya? sudah berjalan atau baru akan dimulai? karena pandemi saya berfikir tahun 2021 saya mau HS kan anak saya, tapi gak full. hanya bantu aja sambil masuk SD tahun depan.
    semoga resolusi kakak di tahun 2021 tercapai ya. aamiin

    BalasHapus
  7. semoga resolusinya untuk melakukan penelitian dan membuat jurnal ilmiah segera tercapai ya buuuu... semangat...

    BalasHapus
  8. sya juga mau HS nih mbak, tapi masih maju mundur, untungnya teori yang saya ikuti belum nuntut banyak hal untk anak usia 4 tahun itu, jadi masih nyicil bahan-bahannya dulu..

    semoga tahun depan semakin konsisten dan banyak karya ya mba alif

    BalasHapus
  9. Mbak Alif kerennn, homeschooling untuk anak. Kalau aku naik-turun banget sih di 2020. Ada di titik jenuh kepenulisan yang beberapa waktu digeluti, mencoba cabang kepenulisan yang lain supaya tetap waras haha. Apapun itu, semoga 2021 kita lebig baik ya

    BalasHapus
  10. Bismillah turut mengaminkan doa mba Kiky, dilancarkan segalanya ya Mbak
    Homeschooling memang kalau saat ini mending dan lebih baik ya, mengingat kondisi luar itu masih nggak kondusif. Sehat selalu sekeluarga mba Ki.

    BalasHapus
  11. halo mbak kiky..aku baru bikin secara garis besar aja sih..pengen bgt jadi momblogger yang lebih produktif..semoga semakin lebih baik ya kita mbak. tetap semangat

    BalasHapus
  12. Selalu salut dengan orang tua yang menempuh jalur HS untuk anaknya. Semoga saja dilancarkan semuanya ya Mbak. Btw bukan cuma lewat omongan ya, menuliskan hal yang baik seperti resolusi juga bisa jadi affirmasi positif yang kemungkinan besar bisa terealisasi ya. So memang nggak ada ruginya menuliskan resolusi atau harapan yang kita inginkan untuk ke depannya

    BalasHapus
  13. Waah semangat mba utk HS anaknya, aku jga rencana HS nih smpe sblum SD, tpi suami minta skolah TK aja biar anak aktif bersosialisasi..huhuhu

    BalasHapus
  14. Iih mba kikyy aku juga pengin nih lolos pendanaan penelitian. Tahun 2019 kemarin ikutan tapi ngga lolos hehe. tahun ini pengin ikut juga tapi kayaknya udah kalah start akuuuu. Sukses terus mbaa, dan mudah2an resolusinya bisa tercapai. aamiin

    BalasHapus
  15. wah belum dibuat target yang jelas, masih dalam cakupan besar, mbak. Perlu dievaluasi lagi nih resiolusinya

    BalasHapus
  16. Semoga homeschoolingnya berjalan sukses ya mbak Alif. Kalau resolusiku sih masih seputar dunia blogging, sedih liat DA merosotšŸ¤­

    BalasHapus
  17. Semoga home schoolnya lancar mba dan gak ada halangan sepertinya aku juga akan menargetkan hal serupa untuk anakku mba

    BalasHapus
  18. Menurut aku penting sih kak, soalnya klu ad resolusi tuh kt jd ada target yg harus tercapai

    BalasHapus