Balada Si Roy, Dari Novel Jadi Film

Konferensi Pers Pemain Balada Si Roy


Bagi penggemar novel 80'an tentunya tidak asing dengan novel yang berjudul "Balada Si Roy" bukan? Nah, novel ini merupakan karya dari Gol A Gong yang sempat booming di tahun 80'an hingga 90'an.

Saya sendiri pernah mendengar judul novel tersebut sekitar 4 tahun yang lalu, yang kebetulan dari event yang mendatangkan Gol A Gong sebagai narasumbernya. Cukup penasaran sih, apalagi novel ini menjadi salah satu ikon anak muda di zamannya.

Sekarang, saya cukup lega karena novel yang populer ini diangkat menjadi film perdana IDN Pictures. Apalagi, saya belum sempat baca novelnya yang belum saya temukan di perpustakaan daerah. Meskipun dalam film ini yang digarap adalah serial Balada Si Roy di buku pertama 'Joe', saya berharap film ini bisa meledak di pasaran dan serial berikutnya juga bisa difilmkan kelak.

Novel Balada Si Roy 'Joe'


Film Balada Si Roy

Film ini digarap oleh IDN Pictures dengan produser Susanti Dewi dan sutradara Fajar Nugros, dimana keduanya adalah head of IDN Pictures. Penggemar film tentu tak asing dengan nama Fajar Nugros, sutradara film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures bukan? Apalagi film karya 'Yowis Ben' melejit di tahun 2018 bersama Bayu Skak yang juga menjadi sutradara film tersebut.

Diadaptasi dari novel karya Gol A Gong, film Balada Si Roy ini menjadi film perdana IDN Pictures. Mulai dirilis nama pemainnya di akhir tahun 2020, film ini akan ditayangkan di tahun 2021 ini.

Diperankan oleh Artis Ternama

Dalam setiap film pastinya yang ditunggu-tunggu adalah nama pemain yang akan mengisi peran dari masing-masing tokoh. Menariknya, IDN Pictures memilih Abidzar Al Ghifari (putra Alm. Ust. Jefri Al Bukhori) untuk memerankan tokoh Roy. Abidzar akan berduet akting dengan Feby Rastanty sebagai Ani dan Bio One sebagai Dullah. 

Abidzar akan beradu akting dengan Feby


Ada juga beberapa nama lain, seperti Zulfa Maharani sebagai Wiwik, Sitha Marino sebagai Dewi, Jourdy Pranata sebagai Andi, Omara Esteghial sebagai Toni, Yusuf Mahardika sebagai Edi, Dea Aditya sebagai Iwan, Fachri Muhammad sebagai Sodik, Maudy Koesnaedi sebagai ibu Roy, dan Kiki Narendra yang akan memerankan ayah dari Ani.

Film ini akan mulai syuting di bulan Januari 2021 ini. Mengambil latar tempat di Serang dan Rangkasbitung, film ini mengundang antusias dari para penggemarnya.

Masih Relevan dengan Kehidupan Anak Muda Masa Kini

Meskipun novel Balada Si Roy merupakan novel tahun 1980-an, tetapi novel ini memiliki banyak nilai dan masih bisa diambil hikmahnya hingga sekarang. Tentunya film ini bisa menjadi trendsetter juga di era sekarang ini. Sarat akan makna inilah yang membuat Balada Si Roy akhirkan menjadi garapan film bagi IDN Media. Beberapa nilai yang bisa diambil dari kisah Balada Si Roy seperti berikut ini.

1. Tokoh Roy yang realistis

Jika di masa sekarang banyak film dengan peran halu dari tokohnya, Roy dalam Balada Si Roy merupakan tokoh realistis yang hingga sekarang banyak juga yang memiliki karakter sama seperti Roy. Tokoh Roy ini bukanlah tokoh utama yang sempurna, Roy adalah seorang anak yatim yang prestasi belajarnya biasa saja. Seperti remaja laki-laki pada umumnya, Roy pun suka berkelahi, bolos, dan juga merokok.

2. Alur cerita mampu membius penggemarnya

Alur cerita Balada Si Roy dikemas dengan apik oleh penulisnya. Maka tak heran jika Susanti Dewi selaku produser Film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures tertarik untuk mengangkatnya ke dalam film layar lebar.

 


Ditunggu Para Penggemarnya

Kepopuleran Balada Si Roy di zamannya seakan tak lekang oleh waktu. Bahkan para penggemarnya membuat grup Facebook Pecinta Balada Si Roy. Hingga kini sudah tergabung 1982 akun yang menantikan peluncuran film Balada Si Roy. Tak hanya digunakan untuk media komunikasi saja, grup Facebook ini bahkan bisa mempererat kekeluargaan antar membernya.

Daniel Mahendra, salah satu inisiator Komunitas Sahabat Balada Si Roy mengungkapkan bahwa anggota komunitas ini sudah paham dengan seluk-beluk cerita dan karakter tokohnya. Bahkan ketika diadakan kopi darat, para anggota dengan antusias untuk membicarakan jalan cerita dalam Balada Si Roy.

Tentang IDN Pictures 

IDN Pictures merupakan part of IDN Media (perusahaan media platform untuk milenial dan generasi Z Indonesia) yang merupakan perusahaan film berbasis teknologi. Mengusung misi membawa dampak positif dan sebagai inspirasi masyarakat, IDN Pictures akan memproduksi film berkualitas, seperti Balada Si Roy.

Film garapan IDN Pictures menjadi angin segar bagi para pecinta Balada Si Roy. Tunggu film ini rilis untuk mengetahui pesona Abidzar yang memerankan Roy dan juga sebagai debut pertama dalam beradu akting ya?


Tidak ada komentar