Butuh Uang dari Pinjaman Online, Amankah?



Di masa pandemi seperti sekarang ini kebutuhan hidup harus tetap berjalan. Hanya saja, ternyata beberapa orang mengalami penurunan pemasukan saat pandemi. 

Ketika penghasilan yang didapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran. Tentunya jalan singkat yang perlu dilakukan adalah dengan meminjam uang.

Tetapi, bukan hal mudah untuk bisa mendapatkan pinjaman. Terlebih sekarang kondisi keuangan masing-masing keluarga lain pun tak jauh berbeda.

Berbagai jenis promo pinjaman pun beredar. Mulai dari pinjaman bank maupun pinjaman online. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Akan tetapi, jika ingin memperoleh uang dengan cepat, pinjaman online bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, tetap harus berhati-hati dengan penawaran yang diberikan ya?

Mengapa harus pilih pinjaman online?

Memenuhi kebutuhan sehari-hari tentu saja tidak bisa ditunda. Apalagi jika menyangkut tentang masalah perut. Pinjaman secara online tentunya akan mempermudah kita mendapatkan uang dengan cepat. Beberapa keuntungan melakukan pinjaman online seperti berikut.

1. Proses hitungan jam

Tentunya untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak bisa ditunda. Pinjaman online akan membantu untuk memberikan sejumlah uang yang kita harapkan. Hanya butuh hitungan jam saja, uang bisa cair dan langsung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Proses pinjaman online pastinya lebih cepat dibandingkan jika harus meminjam ke bank. Proses peminjaman di bank harus melalui verifikasi yang ketat agar bisa disetujui dan uang cair.

2. Syarat mudah

Hal yang membuat mudah melakukan pinjaman. Hanya dengan bekal KTP saja, kita bisa mengajukan pinjaman uang sesuai kebutuhan. Menariknya, ketika menyertakan jaminan. Tentunya hal ini sangat mudah bukan, terutama saat pandemi seperti ini.

3. Hemat waktu

Kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi tentunya kita menghindari mencari pinjaman yang cepat. Jika meminta pinjaman ke orang lain, tentunya kita butuh waktu untuk datang dan mengutarakan keinginan. Pun jika kita akan meminjam ke bank, tentu perlu waktu dan tenaga menuju bank, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Berbeda jika kita butuh uang cepat dan tidak mau ribet. Pinjaman online bisa dilakukan, karena hanya mendaftar melalui HP saja.

Apakah semua pinjaman online itu aman?

Mungkin beberapa dari kita sering mendapatkan pesan singkat mengenai pinjaman online. Tentunya tidak setiap info yang diterima bisa dipercaya. Kita harus menyaring mana saja pinjaman online yang terpercaya, agar tidak mudah tertipu setelahnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Kita perlu mengetahui pinjaman online mana saja yang sudah terdaftar. Di akhir tahun 2020 sudah lebih dari 150 pinjaman online OJK yang bisa dipilih untuk mendapatkan dana segar.


Apa saja yang perlu diperhatikan saat meminjam uang secara online?

Tentunya hal ini harus diperhatikan, selain harus mengetahui apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Beberapa pertimbangan berikut juga harus diketahui.

1. Perhatikan kebutuhan

Agar hutang tidak terlalu banyak dan menumpuk, ketika melakukan pinjaman online harus juga disertai dengan penggunaan dana yang didapat secara sewajarnya. Ada baiknya untuk tidak kalap dalam melakukan pinjaman online, karena kemudahannya.

Begitu pula jika Anda suka belanja online, keinginan untuk memiliki sebuah barang juga perlu dipertimbangkan sesuai prioritasnya. Apalagi sekarang beberapa dompet digital juga sudah menyediakan pinjaman online, berupa Pay Later.

2. Perhatikan suku bunga

Hal paling yang perlu diperhatikan adalah suku bunga dalam pembayarannya. Tentunya ini sangat penting karena berkaitan dengan cicilan yang harus dibayar tiap bulannya.

3. Hanya untuk pinjaman dana maksimal 10 juta

Bagi Anda yang membutuhkan dana secepatnya, pinjaman online tidak memberikan banyak dana yang bisa dipinjam. Bahkan beberapa lembaga hanya menyediakan maksimal pinjaman 6-8 juta saja. Anda perlu mengetahui maksimal dana yang bisa dipinjam yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, pinjaman online biasanya menyediakan waktu hanya satu tahun untuk pelunasan. Hal ini tentunya perlu diketahui dan dipertimbangkan ketersediaan dana untuk membayar cicilannya.

Kesimpulan

Meskipun banyak pinjaman online yang beredar, berhati-hati dalam memilih sangat diperlukan. Selain itu, perhatikan pula kebutuhan dan besar cicilan agar tidak 'besar pasak daripada tiang'.

Tidak ada komentar