Introvert dan Aktualisasi Diri

 


Sebagai seorang yang introvert bukan berarti harus mengurung diri dan sulit untuk menemukan potensi dalam dirinya. Apalagi manusia diciptakan dengan segala kelebihan dari Sang Penciptanya. Tentunya, salah satu untuk mensyukuri nikmatNya adalah dengan mengenali potensi yang sudah diberikan.

Mengenal Grit

Teori Grit yang dipopulerkan oleh Angela Duckworth menyebutkan tentang keteguhan dan sulit untuk ditumbangkan. Beliau menyebutkan bahwa IQ bukanlah penentu sebuah kesuksesan.

Teori ini menyebutkan bahwa seseorang harus menemukan Grit jika ingin mencapai kesuksesan. Grit ini merupakan gabungan antara passion dan kegigihan yang berjalan dalam waktu yang lama. Sehingga, ketika kita mengalami kegagalan akan bangkit dan terus berusaha menggapai kesuksesan dengan potensi yang dimiliki.

Apakah introvert bisa menggapai Gritnya?

Pada dasarnya, setiap manusia diberikan kemampuan untuk menggapai kesuksesan. Yang menjadi pembeda adalah daya juangnya.

Begitu pula dengan seorang introvert yang juga memiliki potensinya. Introvert juga mampu mencapai Gritnya. 

Mengenali diri menjadi salah satu kunci penting bagi introvert untuk kenal potensi dirinya. Selain itu juga jangan minder ketika ingin melakukan sesuatu.

Meskipun introvert merupakan pribadi yang tertutup, tidak memungkinkan untuk bisa berkarya, berbagi dengan orang lain, bahkan jika memiliki passion yang hubungannya dengan banyak orang akan menyenangkan baginya. Jadi, bukan tentang kepribadian yang mendukung kesuksesan seseorang, melainkan jika sudah menemukan Gritnya mampu mendukung kesuksesan seseorang.

Bagaimana cara mencapai Grit?

Grit bisa dicapai jika seseorang sudah mengenai passion dalam dirinya. Untuk mempermudahnya, berikut beberapa cara menemukan Grit untuk mencapai kesuksesan.

1. Ketahui aktivitas yang disukai dan yang paling bisa

Hal utama yang perlu diketahui adalah dengan membuat kuadran aktivitas, dimana salah satunya adalah mengetahui aktivitas sesuai passion. Langkah ini sangat penting sebagai langkah untuk mencapai kesuksesan.

Ketika melakukan aktivitas sesuai passion, maka ada keinginan diri sendiri untuk maju. Bahkan diri sendiri tidak akan 'eman' jika harus mengeluarkan banyak uang demi meningkatkan kapasitas diri. 

2. Mental baja

Ketika sudah menekuni aktivitas sesuai passion akan memudahkan untuk mencapai kesuksesan. Hanya saja mental baja sangat diperlukan untuk hal ini. Kita harus memiliki daya juang untuk meraih kesuksesan yang ingin dicapai.

Tidak mudah menyerah dalam setiap langkah juga diperlukan agar kesuksesan bisa diraih.

3. Teman atau komunitas dengan passion yang sama

Agar mendapatkan kekuatan dari teman yang memiliki passion sama, berkumpul bersama teman dan bergabung bersama komunitas sangatlah diperlukan. Selain itu, ada banyak ilmu yanh dibagikan dan kita memiliki kesempatan untuk mengaktualisasikan diri.

Meski cenderung pendiam, introvert tetap bisa meraih Gritnya sesuai dengan potensi diri yang dimiliki.


Tidak ada komentar