Kapan Pandemi Covid-19 Segera Berakhir?



Sejak adanya virus baru di akhir tahun 2019, tahun 2020 menjadi tahun dimana banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Tak hanya untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga saja, tahun 2020 mengajarkan kita untuk lebih menekan ego. Berat? Tentu saja. Apalagi bagi para ekstrovert, terkungkung di dalam rumah menjadi hal yang paling berat dalam hidupnya.

Berbagai cara dilakukan demi memutus rantai penularan covid-19. Apalagi virus ini cepat berkembang dan rentang semua usia berisiko tertular penyakit ini.

Tentunya di tahun 2021 ini semua orang memiliki harapan yang besar untuk bisa terbebas dari pandemi covid-19. Meskipun begitu, perlu juga berbagai cara agar kasus covid-19 tidak bertambah. Selain untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, dengan melakukan berbagai hal berikut juga bisa melindungi lingkungan sekitar.

  • Tingkatkan daya tahan tubuh

Agar tidak mudah terserang penyakit tentunya perlu menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun. Berbagai cara tentunya bisa dilakukan imunitas tetap terjaga.

Jika imunitas dalam kondisi yang baik, pastinya tubuh tidak rentan terhadap serangan penyakit. Meskipun terlihat mudah, ternyata kita perlu melakukan berbagai cara, seperti berikut ini.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

2. Lakukan aktivitas fisik dan berolahraga

3. Hindari stres

4. Istirahat cukup

5. Tidak merokok

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, tubuh menjadi lebih bugar. Sehingga, tubuh lebih bersiap menghadapi mikroorganisme yang menginfeksi tubuh.

  • Ingat Pesan Ibu

Tagar Ingat Pesan Ibu cukup menggema di tahun 2020. Tentunya kampanye seperti ini bukan hanya sebagai slogan saja bukan?

Dengan mengingat tagar ini tentunya kita harus lebih waspada terhadap virus yang infeksius ini. Bukan berarti hanya sebagai ungkapan agar trending saja, tetapi juga perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Tagar yang juga dijadikan sebuah lagu oleh band Padi ini banyak menyita perhatian masyarakat. Selain dikampanyekan dengan nyanyian yang easy listening juga agar masyarakat lebih aware terhadap kesehatannya.

Dengan ingat pesan ibu, berarti kita harus:

1. Menggunakan masker 

2. Cuci tangan pakai sabun

3. Hindari kerumunan

Dengan mengingat lagu tersebut, langkah kecil yang dilakukan bisa berimbas menjadi lebih besar. Sehingga, tak hanya diri sendiri saja yang terlindung dari virus covid-19, tetapi keluarga pun juga terlindungi.

  • Terapkan protokol kesehatan saat keluar rumah

Bukan berarti ketika pemerintah mengumumkan bisa keluar rumah, kita malah mengabaikan keselamatan dan kesehatan diri. Mematuhi protokol kesehatan perlu dilakukan secara konsisten. Meski begitu, jika tidak terdapat hal yang penting, ada baiknya untuk berdiam diri di rumah saja.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, berarti kita harus melakukan.

1. Memakai masker saat keluar rumah menggunakan masker yang sudah direkomendasikan.

2. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan memakai hand sanitizer ketika sulit menemukan akses untuk mencuci tangan.

3. Tidak terlalu sering memegang wajah.

4. Menjaga jarak dengan orang lain.

Baru-baru ini juga tidak dianjurkan untuk tidak makan di tempat pada sebuah restoran yang tempatnya tertutup. Hal ini karena meningkatnya risiko tertular covid-19. Jika ingin makan di luar, ada baiknya untuk bungkus makanan dan menikmatinya di rumah bersama keluarga.

  • Konsisten

Hal penting yang dari semua langkah yang dianjurkan untuk menghindari penularan covid-19 adalah dengan konsisten menerapkan seluruh cara pencegahan covid-19. Terlebih jika kita terlena dengan penurunan kasus, tentunya hal ini tetap harus diwaspadai dan mematuhi protokol kesehatan.

Tidak ada komentar