Kilas Balik 2020, Bukan Sekadar Kenangan



Perjalanan di tahun 2020 sungguh berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya karena harus berdiam diri di rumah akibat pandemi covid-19. Tapi juga ada beberapa kejadian lain yang menjadi momen berharga untuk dikenang.

Setiap orang pastinya memiliki kenangan tersendiri di tahun 2020. Kenangan ini tentunya memiliki kesan tersendiri  yang sulit dilupakan di masa yang akan datang.

Di tahun 2020 sendiri saya memiliki beragam kejadian yang cukup berkesan bagi saya. Beberapa memang sudah diketahui dan ada juga yang menjadi kejutan yang sebelumnya bukan menjadi capaian di tahun 2020.

1. Hadirnya anggota baru

Di awal tahun 2020 menjadi momen paling ditunggu setelah 9 bulan menunggu. Apalagi momen ini sangat berkesan, karena proses kelahiran yang berbeda dengan anak pertama.

Meski sudah memiliki pengalaman sebelumnya, ternyata dalam merawat dan mendidik anak yang kedua ini sangat berbeda dengan anak pertama. Selain harus belajar lagi, beberapa ilmu perawatan anak juga perlu di-update, terutama masalah MPASI.

Di masa pandemi tentunya dalam mempelajari banyak hal meski saat tahun 2020 ada bayi yang harus dijaga. Berbagai aktivitas online pun banyak tersedia dan lebih mudah dalam mengaksesnya. Selain bisa lebih tenang dalam menjaga anak, ilmu yang diperlukan untuk mendidik anak pun bisa didapatkan.

2. Tambah pengalaman baru

Meskipun pandemi hanya bisa berdiam diri di rumah, ternyata banyak hal yang saya dapatkan selama tahun 2020. Berbagai pengalaman kembali saya dapatkan di tahun ini. Tak hanya tentang ilmu yang ingin saya dapatkan, tetapi juga banyak pengalaman berharga sepanjang tahun 2020.

Dimulai dengan gabung Komunitas Indonesian Content Creator (ICC), saya tak hanya mendapatkan teman yang juga berkarya di media sosial, tetapi juga sharing pengalaman dan rasa kekeluargaan di komunitas ini sangat terasa.

Pun ketika saya bergabung di Komunitas ISB, banyak hal yang saya dapatkan dari para ahlinya. Apalagi ketika ikut kelas Teh Ani, saya seperti mendpaat pencerahan tentang dunia media sosial dan tentunya harus disertai dengan attitude yang baik.

Pengalaman demi pengalaman saya rasakan setelah. Dari mulai mencoba daftar campaign hingga mendapat endorse yang rasanya seperti membuka dunia baru.

Tak hanya itu, meskipun di tahun ini banyak rencana liburan gagal karena pandemi, ISB juga memberikan saya kesempatan mengikuti virtual tour yang sangat seru.

Mengikuti program Prakerja juga membuka wawasan saya tentang dunia online. Beberapa pelatihan sangat mendukung aktivitas yang kini sedang saya tekuni. 

Masuk di Gelombang 5 cukup membuat saya memiliki banyak waktu untuk bisa menghabiskan dana pelatihan sejumlah 1 juta. Cukup lumayan hingga waktu berakhir, saya sudah ikut 6 pelatihan online Prakerja.

Untuk mendukung aktivitas blog saya pun juga ikut kelas SEO MOMS. Di kelas ini banyak sekali insight tentang dunia perbloggingan. Meski lebih banyak roaming ketika harus berurusan dengan html sih. hehe

3. Hobi dapat cuan

Tentunya sangat senang jika aktivitas yang kita lakukan bisa mendatangkan rezeki. Meski tidak sebanyak jika harus kerja kantoran, tetapi rezeki dari hobi membuat hati menjadi lebih puas dan bahkan ada rasa penasaran setelahnya.

Mulai garap beberapa pesanan artikel klien juga tak hanya memberikan pengalaman, tapi juga cukup menjadi penghasilan tetap setiap bulannya. Pun ketika ada content placement yang cukup membuat rezeki di tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini pun juga saya mencoba kembali ikut lomba blog. Entahlah, kadang sudah ada kepikiran ide untuk lomba, ternyata ketika akab dikerjakan jadi mandeg dan gak jadi apply hingga masa pendaftaran berakhir. 

Meski begitu, Alhamdulillah di akhir tahun ini pun ada juga lomba blog yang nyantol. Meski hanya jadi juara favorit pun saya bersyukur dengan pencapaian ini.

Harus lebih konsisten lagi

Harapan di tahun 2021 tentunya sangat banyak. Tak hanya ingin situasi pandemi segera berakhir. Tapi juga ada beberapa target yang ingin saya capai di tahun ini. Beberapa hal yang perlu saya lakukan juga tidak terlalu muluk-muluk, tetapi juga ada pertimbangan lain.

1. Fokus 

Agar hasil yang diinginkan bisa menjadi lebih baik. Fokus pada satu bidang perlu dilakukan. Nah, untuk tahun ini sudah ada yang ingin saya capai. Semoga hasilnya sesuai target sih ya.

2. Usaha

Tentunya tidak hanya menunggu saja, tetapi juga harus ada usaha untuk mewujudkannya. Apalagi kini sudah banyak pelatihan online hingga buku untuk menunjang target yang ingin saya capai.

3. Doa

Tak ada hasil memuaskan jika tak diiringi dengan doa ya?

Meski 2020 sudah berakhir, tetapi kenangan di tahun tersebut tidak bisa dilupakan. Semoga di tahun 2021 ini menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar