Olahraga Aman untuk Ibu Hamil



Kehamilan menjadi salah satu kondisi yang paling dinantikan oleh para calon orang tua. Agar kehamilan yang dijalani lancar hingga persalinan, menjaga kesehatan harus dilakukan. Selain mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, juga perlu melakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Hanya saja, tidak semua ibu hamil memiliki kondisi yang prima untuk melakukan olahraga. Nah, berikut beberapa olahraga yang aman dilakukan saat hamil.

1. Jalan santai

Jalan santai menjadi olahraga yang sangat direkomendasikan saat hamil. Selain aman, jalan sehat juga bisa melancarkan peredaran darah, melancarkan kerja jantung, dan ketika masuk trimester akhir bisa membantu kelancaran persalinan.

Dengan berjalan santai, maka tubuh menjadi lebih bugar. Jika tubuh lebih bugar, maka dalam menjalani kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga : pemeriksaan kehamilan

2. Lari kecil

Jika kandungan cukup kuat di trimester awal, berlari kecil bisa membantu menguatkan kerja jantung. Hanya saja olahraga ini ada baiknya meminta saran kepada dokter, apalagi jika dilakukan dengan berlebih akan berisiko pada keguguran.

3. Senam hamil

Jenis olahraga ini sangat dianjurkan selama masa kehamilan. Senam hamil berbeda dengan jenis senam lain dan sudah diperuntukkan khusus menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil.

Gerakan senam hamil pun sangat bervariasi dengan tempo gerakan yang aman untuk ibu hamil dan janin. Melakukan senam hamil biasanya sudah dipandu oleh tenaga profesional. Selain tersedia di beberapa tempat pelayanan kesehatan, biasanya senam hamil juga ada sebagai salah satu program desa yang menyediakan kelas ibu hamil bagi warganya.

4. Yoga

Selain senam hamil, yoga hamil juga direkomendasikan untuk dilakukan saat hamil. Hanya saja, untuk bisa melakukan yoga hamil disarankan ketika kandungan sudah menginjak usia 4 bulan. Selain itu, yoga hamil juga harus dipandu oleh instruksi yoga yang sudah tersertifikasi.

5. Berenang

Berenang menjadi salah satu olahraga favorit dan direkomendasikan bagi ibu hamil. Olahraga ini menjadi pilihan karena tidak terlalu berat dan bisa menyegarkan tubuh. Selain itu, berenang juga aman dilakukan sepanjang usia kehamilan. Beberapa sumber menyebutkan jika berenang juga bisa membantu memperlancar persalinan.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa tidak semua gaya berenang aman dilakukan saat hamil. Gaya punggung dan gaya dada bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama menjalani masa kehamilan.

6. Pilates

Jenis olahraga lain yang aman dilakukan oleh ibu hamil adalah pilates. Mirip dengan yoga, pilates juga perlu bimbingan dari instruktur pilates. Dengan melakukan pilates, tubuh akan merasa lebih bugar dan semakin segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan melakukan pilates juga mampu memperkuat otot panggul yang bermanfaat untuk memperlancar persalinan.

Nah, apa olahraga favorit saat hamil? Bisa share ya

Tidak ada komentar