Pilihan Wisata Pantai Gratis di Jepara



Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara Jawa. Letaknya inilah yang membuat Jepara memilomi banyak wisata bahari yang bisa dikunjungi.

Di tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Jepara memiliki aturan baru mengenai retribusi wisata pantai. Sekarang jika ingin mengunjungi pantai di weekday tidak perlu membayar biaya retribusi alias gratis. Meskipun begitu, jika mengunjungi pantai di akhir pekan atau hari libur nasional akan dikenakan retribusi sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Tetapi, jika Anda ingin menikmati pantai lain tanpa harus dipungut biaya retribusi, ada beberapa pilihan pantai di Jepara yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Semat

Pantai Semat menjadi salah satu obyek wisata bahari yang ramai dikunjungi di sore hari. Pantai ini membentang di sepanjang jalan dan biasanya juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan. Untuk melengkapi keseruan bermain pasir di pantai ini, Pemerintah Desa Semat juga sudah menyediakan aneka mainan di bibir pantai.

2. Pantai Undip

Berada di kawasan kampus Universitas Diponegoro Teluk Awur, pantai ini bisa dikunjungi secara gratis. Hanya saja, di pantai ini banyak karangnya, sehingga sangat tidak nyaman untuk dibuat berenang. Meski begitu, di pantai ini kita bisa menikmati sunset sambil menikmati beragam jajanan yang dijajakan di beberapa warung sekitar pantai. 

Tak hanya digunakan untuk tempat wisata, beberapa warga desa juga banyak yang mencari ikan di pantai ini. Inilah yang membuat pantai ini sangat ramai dan tidak pernah sepi.

3. Pantai Teluk Awur

Pantai ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari daerah lain. Terletak di Desa Teluk Awur, pantai ini memiliki ombak yang tenang dan sangat cocok untuk berenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat perahu wisata yang akan mengajak berkeliling pantai menggunakan perahu. Tak hanya itu, ada juga warung di tepi pantai yang menyediakan beragam kuliner dengan harga yang terjangkau.

4. Pantai Bondo

Pantai ini termasuk pantai pasir putih di Jepara. Tak hanya bersih, lokasi pantai ini kini juga dilengkapi dengan spot foto yang instagramable.

5. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk terletak di Desa Mororejo, Mlonggo. Pantai ini tak hanya menampilkan keindahan alam saja, tetapi juga terkenal dengan wisata kuliner yang akan membuat lidah bergoyang.

6. Pantai Blebak

Pantai Blebek terletak di Desa Sekuro, Mlonggo. Pantai ini termasuk pantai berombak tenang dengan pasir putih yang menghampar sepanjang pantai. Meskipun terlihat sepi, keindahan pantai ini sering dijadikan sebagai pelepas penat masyarajat sekitar.

7. Pantai Ombak Mati

Pantai ini terletak di Desa Bondo yang masih terlihat bersih dan alami. Meski sama-sama berada di Desa Bondo dengan Pantai Bondo, ternyata jarak antara kedua pantai ini sejauh 1km. Pantai ini masih belun memiliki banyak fasilitas dan hanya terdapat sebuah gazebo.

8. Pantai Pailus

Terletak di Desa Karanggondang, Pantai Pailus juga termasuk pantai perawan di Jepara. Pantai ini sangat bersih dan terlihat alami dengan hamparan pasir putih.

9. Pantai Seribu Ranting

Dinamakan seribu ranting karena di pantai ini dihias oleh masyarakat sebagai hiasan di sepanjang pantai. Banyak spot foto instagramable yang menarik untuk diabadikan. Hanya saja, pantai ini cukup gersang dan tidak rekomen untuk digunakan aktivitas berenang.

10. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi atau Pantai Lemah Abang merupakan pantai yang terletak di Desa Balong, Kembang. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dengan tebing yang membuat pantai ini terlihat eksotis. Di pantai ini juga terdapat Petilasan Syekh Siti Jenar yang banyak dikunjungi masyarakat sekitar.

Nah, itulah beberapa pantai gratis di Jepara yang masih alami dan sebagian dikelola oleh Pemerintah Desa. Jangan lupa mampir dan nikmati wisata kulinernya ya


Tidak ada komentar