GTM dan Kebutuhan Nutrisi Anak, Bagaimana Solusinya?


Pernah terpikirkan jika anak sudah mulai MPASI, saya tidak terlalu mengkhawatirkan nutrisi yang dikonsumsinya. Ternyata hal tersebut salah besar. Justru saat anak mulai MPASI, masalah tentang kecukupan nutrisi justru semakin besar.

Salah satu masalah yang sering saya khawatirkan di masa MPASI anak adalah ketika anak mogok makan yang kemudian sering disebut dengan GTM atau gerakan tutup mulut. Tentunya hal ini membuat saya bingung, apalagi jika kondisi ini berlangsung terus menerus.

Pentingnya MPASI untuk Anak

MPASI merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan sejak anak berusia 6 bulan. Tentunya, ketika MPASI yang diberikan kepada anak tepat, maka tumbuh kembang anak juga optimal. Selain itu, nutrisi yang anak konsumsi sejak MPASI ini juga berpengaruh pada kehidupan anak kelak saat dewasa.

Agar MPASI yang diberikan kepada anak tepat, tentunya ada beberapa strategi yang perlu dilakukan.

1. Tepat waktu, memberikan MPASI di usia 6 bulan karena ASI saja tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi anak

2. Adekuat, MPASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

3. Aman dan higienis, proses pemberian MPASI harus menggunakan cara, bahan, dan alat yang aman dan higienis

4. Diberikan secara responsif, MPASI diberikan sesuai dengan sinyal lapar anak.

Agar kebutuhan nutrisi MPASI anak tentunya saat memberikan MPASI perlu mengetahui komposisi nutrisi yang sesuai. Terlebih nutrisi yang diterima dari ASI sudah tidak mencukupi. Pada anak usia 6 bulan ke atas, setidaknya membutuhkan nutrisi dari ASI dan MPASI yang mengandung karbohidrat, protein (utamanya protein hewani), buah dan sayur, serta lemak.

Sebagai panduannya, setidaknya dalam satu porsi MPASI harus mengandung 40-60% karbohidrat, 10-20% protein, dan 30-40% lemak. Tapi jangan sampai lupa untuk memberikan sayur dalam jumlah sedikit untuk memperkenalkan kepada anak.

Selain itu, mikronutrien yang dibutuhkan anak juga harus diperhatikan. Seperti zat besi untuk mencegah anemia pada bayi yang akan mengganggu tumbuh kembangnya ataupun omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

Anak GTM, Bikin Pusing Orang Tua

Ketika anak sudah masuk masa untuk mendapatkan MPASI bukan berarti sebagai orang tua merasa lebih terbantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Ada saat dimana anak tidak mau makan atau menutup mulutnya.

Kondisi ini wajar dialami oleh anak. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa kondisi GTM pada anak tidak bisa dianggap sepele. Apalagi jika kondisi tersebut terus menerus dialami oleh anak.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak melalui MPASI, tentunya mengetahui penyebab anak GTM menjadi jawaban yang tepat. Dengan mengetahui penyebab anak GTM, orang tua menjadi lebih mudah mengetahui cara mengatasi GTM pada anak.

Penyebab GTM Pada Anak

Orang tua biasanya akan cemas jika anak sedang mengalami GTM. Apalagi jika anak tidak mau makan dalam jangka waktu yang lama. Kecemasan inilah yang kemudian menjadi beban tersendiri bagi orang tua.

Jika anak sedang mengalami GTM, cara jitu mengatasi GTM adalah dengan mengetahui penyebabnya. Berikut beberapa penyebab GTM pada anak yang perlu orang tua ketahui.

1. Kondisi anak yang tidak enak badan

Ketika anak merasa tidak enak badan atau sakit akan mempengaruhi nafsu makannya. Ada baiknya juga untuk mengobservasi kondisi anak, apakah ada sariawan atau anak sedang tumbuh gigi. Selain itu, beberapa kondiai seperti mual, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan nyeri perut juga membuat nafsu makan anak turun.

2. Jadwal makan

Bisa jadi anak yang tidak mau makan karena perut anak masih kenyang. Mungkin karena sebelumnya diberikan camilan atau minum ASI/susu sesaat sebelum waktu makan anak.

Yang perlu orang tua ketahui bahwa kebiasaan mengempeng pada anak akan menimbulkan rasa kenyang pada anak. Hal ini dikarenakan gerakan menghisap memproduksi hormon cholecystokin bisa membuat anak kekenyangan hingga merasa mengantuk.

3. Tekstur makanan tidak disukai anak

Seiring bertambahnya usia anak, makanan pendamping ASI yang anak konsumsi akan berubah semakin padat. Hal ini tentunya perlu orang tua ketahui, karena bisa jadi anak tidak menyukai tekstur makanan yang orang tua berikan.

4. Suhu makanan 

Orang cenderung lebih menyukai makanan yang masih hangat dibandingkan makanan yang sudah dingin. Makanan yang hangat biasanya akan membuat nafsu makan menjadi lebih bertambah.

5. Makanan tidak bervariasi

Tentunya makanan yang selalu sama dikonsumsi setiap jam makan akan membuat anak bosan. Inilah yang kemudian harus diperhatikan orang tua untuk lebih memberikan variasi makanan lain untuk diberikan kepada anak.

6. Rasa makanan

Sama seperti orang dewasa, bayi juga akan memilih makanan yang mengandung banyak rasa. Ketika rasa makanan hampar pastinya akan membuat selera makan berkurang bukan?

7. Lingkungan rumah

Makan juga menjadi aktivitas yang perlu konsentrasi dan tentunya dengan hati yang senang. Ketika mood anak tidak baik dengan lingkungan yang kurang mendukung untuk si anak makan tentunya akan berpengaruh pada aktivitas makan anak.

8. Respon Pengasuh

Pengasuh atau orang yang menyuapi anak juga akan berpengaruh pada proses makan anak. Jika pengasuh dalam kondisi yang bahagia tentunya anak juga akan lebih lahap makannya.

9.Permasalahan sensori

Biasanya dikarena adanya permasalahan pada otot rahang. Ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Anak yang Mengalami GTM

Setelah mengetahui penyebab GTM pada anak, tentunya akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengatasi GTM pada anak. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah seperti berikut.

1. Terapkan aturan makan pada anak

Ketika anak akan memulai aktivitas makannya, maka terapkan rasa disiplin pada anak. Beberapa diantaranya adalah makan harus duduk dan tidak digendong, tidak sambil nonton tv atau main, dan sikap pengasuh yang hanya fokus menemani anak makan tanpa melakukan aktivitas apapun.

Dokumen Pribadi


2. Lebih berkreasi dalam menyajikan menu

Agar anak tidak bosan dengan menu yang dibuat, ada baiknya untuk lebih berkreasi menyajikan menu anak. Bisa dengan mengolah menu dewasa tetapi tekstur untuk anak.

Selain itu, untuk menambah nafsu makan anak bisa menambahkan kaldu agar rasa makanan lebih umami. Pastinya semua orang akan lebih senang jika rasa masakan lebih gurih bukan?

Untuk lebih mudahnya saat menyajikan masakan anak bisa dengan menggunakan kaldu dari crystalofthesea. Selain membuat rasa makanan menjadi lebih sedap, kaldu ini juga diperkaya dengan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, bisa dimasukkan saat proses pemasakan ataupun dengan menaburkannya langsung di atas makanan.

3. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan saat makan

Tak dapat dipungkiri jika mood anak dan pengasuh juga diperlukan ketika waktu makan tiba. Hentikan semua aktivitas ketika jam makan anak dan fokus pada aktivitas makan anak.

4. Tidak memberikan apapun selama 2 jam sebelum waktu makan

Agar nafsu makan anak meningkat, ada baiknya untuk membuat anak lapar sebelum jam makan tiba. Hindari memberikan susu/ASI, makanan manis, ataupun camilan kepada anak. Rasa lapar akan membuat anak lebih lahap dan tentunya nutrisi yang diperlukan anak bisa terserap maksimal oleh tubuh.

Nah, mudah bukan mengatasi GTM pada anak. Kuncinya hanyalah sabar dan tidak terburu-buru ketika anak mengalami susah makan.

#crystalofthesea

Facebook crystalofthesea

Instagram crystalofthesea 


Sumber :

Webinar "Cara Cerdas Mengatasi Anak yang Susah Makan" tanggal 23 Maret 2021


1 komentar

  1. Duh, anak GTM ini sumber pusing ibu-ibu banget ya.. dulu saya ngakalinnya pakai finger food homemade mbak, lumayan Jd ada makanan yg masuk

    BalasHapus