OVO | Invest, Solusi Jitu Persiapkan Tabungan Darurat untuk Masa Mendatang

Ovo | Invest

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang tidak sama dengan orang lain. Terlebih bagi yang memiliki tanggungan tentunya semakin banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan. Hal ini tentunya tidak membuat pengeluaran di tiap bulan sama.

Adakalanya terdapat pengeluaran yang mendadak dan jika tidak dipersiapkan harus merelakan mengambil dari pos lain. Salah satu hal yang bisa membantu untuk menyiapkan dana darurat adalah dengan mengalokasikan penghasilan untuk tabungan dan investasi.

Dalam menyiapkan dana investasi, tentunya kita perlu mengetahui layanan investasi yang aman dan pastinya menghasilkan keuntungan yang bisa diambil di masa mendatang. Sebagai rekomendasinya OVO | Invest menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi di masa pandemi.

Cara Mengalokasikan Pendapatan untuk Tabungan Darurat


Bagi pekerja tetap setiap bulan pastinya akan mendapatkan gaji bulanan. Ketika gaji bulanan sudah didapat, cara tepat agar gaji tidak langsung habis dalam sekejap adalah dengan membuat pos pengeluaran.


Pos pengeluaran ini dibuat dengan maksud agar pengeluaran setiap bulan lebih terarah. Dalam membuat pos pengeluaran pun tentunya tidak bisa sembarangan dan perlu memperhatikan beberapa keperluan yang sudah diketahui di bulan tersebut.


Untuk membantu dalam mengatur pendapatan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Tips berikut bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sehingga tidak mengorbankan kebutuhan lain.


  1. Habiskan pendapatan langsung


Bagaimana maksudnya? Ketika gaji sudah diterima, ada baiknya untuk menghabiskan langsung dengan cara membagi-baginya langsung ke pos pengeluaran.


Cara mudahnya adalah menentukan beberapa pos pengeluaran terlebih dahulu, seperti kebutuhan pokok, bayar pinjaman, sewa kontrakan, biaya sekolah anak, biaya transportasi, hiburan, sedekah, tabungan,investasi, dan dana lain-lain. Nah, dalam menentukan pos pengeluaran inilah kita bisa dengan mudah untuk menghabiskan gaji langsung.


  1. Flashback catatan pengeluaran di bulan sebelumnya


Dalam merancang jumlah pengeluaran tentunya tidak bisa dibuat sembarangan. Kita perlu catatan laporan pengeluaran bulan sebelumnya. Terlebih untuk catatan pengeluaran makan dan kebutuhan sehari-hari perlu lebih dijelaskan secara detail. Hal ini agar kebutuhan nutrisi ataupun kebutuhan sehari-hari lainnya tidak terabaikan.


Catatan pengeluaran bulan sebelumnya juga perlu diperhatikan apakah ada hari istimewa yang membuat pengeluaran membengkak. Hal ini sebagai refleksi agar saat mengatur pos pengeluaran menjadi lebih mudah.


  1. Ketahui keperluan khusus di bulan tersebut


Dalam mengatur keuangan keluarga haruslah fleksibel. Hal ini karena pengeluaran di setiap bulannya tidaklah sama. Kita perlu mengetahui apakah ada pengeluaran besar di bulan tersebut atau tidak, seperti untuk membayar uang pangkal sekolah, mengadakan syukuran, ataupun ketika banyak undangan hajatan yang perlu didatangi. Hal ini tentunya perlu diatur agar pos pengeluaran yang lain tidak terganggu. 


  1. Selalu sisihkan untuk tabungan darurat


Meskipun banyak pengeluaran di bulan tersebut, selalu sisihkan uang pendapatan untuk tabungan darurat. Hal ini untuk mempermudah mengambil dana ketika ada kebutuhan mendadak tanpa harus berhutang.


Cara Mudah Menyiapkan Tabungan Darurat


Tabungan darurat menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika sewaktu-waktu membutuhkan uang untuk keperluan tertentu. Hal ini juga perlu dibedakan dengan tabungan masa depan ataupun tabungan perencanaan lainnya.


Nah, untuk mempermudah menyiapkan tabungan darurat ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


  • Lakukan secara rutin 


Hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan melakukannya secara rutin. Hal ini agar tabungan lebih banyak terkumpul dan ketika butuh dana tidak perlu memotong pos pengeluaran atau dana lain.


  • Sisihkan uang


Dalam menyiapkan tabungan darurat, kita harus menyisihkan uang bukan dengan menggunakan sisihan uang tidak bulan. Hal ini agar setiap bulan tetap ada dana untuk dimasukkan ke dalam tabungan darurat.


  • Simpan dengan aman


Tentunya ketika sudah menentukan jumlah uang yang akan dijadikan tabungan darurat perlu disimpan di tempat aman. Hal ini untuk menghindari uang tabungan dipakai untuk keperluan lain yang tidak begitu mendesak.


OVO | Invest Berikan Kemudahan untuk Memiliki Dana Darurat


Sekarang sudah tidak perlu bingung menyimpan tabungan darurat. Agar tidak digunakan secara mendadak dan pastinya aman, OVO | Invest menjadi pilihan tepat. Dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, yaitu Manulife OVO Bareksa Likuid (MOBLI), kemudahan untuk memiliki tabungan darurat bisa diakses secara mobile.


Diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2021, OVO | Invest memberikan inovasi terbaru dengan menggabungkan antara e-money dan e-investment dalam satu aplikasi saja. Selain itu, jenis investasi ini aman dan mudah untuk dilakukan.


Dengan OVO | Invest, kita bisa melakukan investasi dengan perangkat seluler saja. Cukup dengan dana sebesar 10 ribu rupiah saja, investasi bisa dilakukan dengan mudah. Menariknya, keuntungan yang akan didapat bisa sekitar 7% tiap tahunnya.


OVO | Invest menawarkan beragam keuntungan yang bisa didapat hanya melalui aplikasi OVO. Terlebih proses untuk melakukan investasi sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula sekalipun. 


Menariknya, OVO | Invest ini menyediakan fitur beli dan jual hanya dengan ketukan jari saja. Kita bisa menikmati hasil dari berinvestasi untuk digunakan jika terdapat keperluan mendadak. Hal ini karena portofolio investasi bisa dipantau dan diatur menggunakan aplikasi OVO.


Nah, untuk bisa menikmati kemudahan berinvestasi di OVO | Invest, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


  1. Akun OVO harus di-upgrade menjadi akun OVO Premier


Hal utama yang perlu dilakukan ketika ingin berinvestasi di OVO | Invest adalah dengan meng-upgrade akun OVO menjadi OVO Premier. Caranya pun cukup mudah hanya dengan upload foto KTP saja. Proses untuk membuat akun OVO Premier pun sangat cepat dan kita bisa menikmati beragam fitur lain dengan menggunakan OVO Premier.


  1. Registrasi ke menu OVO | Invest terlebih dahulu


Jika akun sudah menjadi akun OVO Premier, untuk berinvestasi pun bisa langsung dilakukan dengan OVO Cash yang sudah dimiliki. Caranya cukup dengan masuk ke menu OVO | Invest.


Sebelum melakukan investasi, kita akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai pandangan kita tentang investasi dan jenis investasi yang akan kita ambil. Dari pertanyaan ini nantinya juga akan diketahui tentang bagaimana tipe diri saat berinvestasi. 


Untuk proses registrasinya sendiri cukup cepat dan setelahnya kita bisa langsung melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Perlu diketahui bahwa proses verifikasi ini memerlukan waktu maksimal 3 hari kerja. Jadi, harus #GercepBiarMantep agar bisa langsung berinvestasi di OVO | Invest.


  1. Pastikan saldo OVO Cash cukup


OVO | Invest memudahkan penggunanya untuk melakukan investasi dimanapun. Tak perlu menyetorkan sejumlah uang ataupun melakukan transfer, hanya dengan saldo di OVO Cash yang dimiliki bisa melakukan investasi dengan aman. Selain aman, tentunya hal ini bisa menghemat waktu yang dimiliki.

Untuk berinvestasi pun bisa dimulai dengan dana 10 ribu yang ada di OVO Cash. Jadi, pastikan saldo di OVO Cash sudah tersedia sebelum melakukan investasi ya?


  1. Pencairan investasi bisa dilakukan kapanpun


Mudahnya berinvestasi di OVO | Invest adalah ketika membutuhkan dana darurat, proses pencairan dana di OVO | Invest sangatlah mudah. Selain itu, nominal pencairan dana juga cepat tanpa memerlukan persetujuan admin.


Bebas biaya pembelian dan penjualan

Ketika berinvestasi di OVO | Invest tidak dikenakan biaya pembelian ataupun penjualan saat melakukan transaksi. Tentunya hal ini akan membuat keuntungan dari berinvestasi menjadi semakin besar.


Cara Registrasi dan Pembelian OVO | Invest


Untuk bisa melakukan investasi di OVO | Invest, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi. Agar lebih jelas, berikut langkah-langkah registrasi layanan OVO | Invest.


  1. Buka aplikasi OVO

  2. Masuk ke menu 'Invest'


Registrasi OVO | Invest


  1. Klik dan baca persyaratan yang sudah tertera. 




  1. Jika sudah jelas, klik 'Mulai sekarang'

  2. Isi profil risiko sebelum mendaftar. Pada bagian ini nantinya akan diketahui tipe investor dari jawaban yang sudah dipilih.



Untuk proses registrasi hingga berhasil diverifikasi biasanya membutuhkan waktu 1x24 jam kerja. Jadi, harap tunggu proses verifikasi selesai sebelum melakukan pembelian.


Jika sudah terdapat notifikasi bisa dengan langsung melakukan pembelian. Caranya pun sangat mudah seperti berikut.


  1. Masuk ke menu OVO | Invest

  2. Klik 'beli' dan pilih perusahaan investasi.

  3. Masukkan nominal yang diinginkan dan klik 'Lanjutkan', kemudian klik 'Setujui'


Untuk proses pembelian ini setidaknya membutuhkan 1-2 hari kerja. Jika sudah disetujui akan ada notifikasi yang masuk. Selamat, sudah memiliki tabungan darurat di OVO | Invest.


Cara Melakukan Penjualan Reksadana di OVO | Invest


Jika ternyata memerlukan dana darurat secara mendadak, melakukan penjualan reksadana yang sudah dimiliki bisa dilakukan melalui layanan OVO | Invest. Dana yang diinginkan akan langsung masuk ke saldo OVO Cash di hari tersebut dan bisa langsung bisa digunakan untuk keperluan darurat.


Untuk pencairan reksadana di OVO | Invest, berikut langkah yang harus dilakukan.

  1. Masuk ke menu OVO | Invest

  2. Klik 'Jual' 



  1. Masukkan nominal yang ingin dicairkan dan klik 'Konfirmasi'

  2. Masukkan kode keamanan OVO




Selamat, pencairan OVO | Invest berhasil dan langsung masuk ke OVO Cash.


Mudah sekali bukan, untuk mempersiapkan tabungan darurat melalui OVO | Invest?  Menariknya, dari tanggal 8-24 April 2021 ini OVO | Invest sedang mengadakan promo cashback besar-besaran lho? Kamu bisa mendapatkan cashback hingga 50.000 OVO Points. Jika penasaran, bisa langsung klik link ini.









45 komentar

  1. jaman sudah milenial sekali. investasi sekarang tinggal klik klik and done. nice info ka

    BalasHapus
  2. Wah menarik, bisa jadi solusi kalau ada kebutuhan mendesak tinggal klik cair..

    BalasHapus
  3. Aku juga pakai ini, soalnya gampil banget. Tinggal klak-klik. Nggak ribet, bisa dipantau juga. Memang hidup di zaman now, serba mudah ya mbak.

    BalasHapus
  4. Aku juga udah cobain nih kemarin invest 50rb. Ga abal2 kok, memang ada pertumbuhan bagi hasilnya. InsyaAllah aman

    BalasHapus
  5. Sudah ada contoh return-nya belum kak? Saya ingin membandingkan dg invest yang saya pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal saya tertarik lho kakak. Cuma pertanyaan saya ini belum ditanggapi. Penasaran saya.

      Hapus
  6. Yah aku baru tahu ini mba soal OVO Invest dan langsung cobain deh, smoga segera bertumbuh untuk naik haji ya

    BalasHapus
  7. Aku pakai OVO tp blom pernah coba ini. Makasib infonya ya. Investasi kini lebih mudah praktis ya :)

    BalasHapus
  8. Ternyata bisa invest di ovo 😍

    BalasHapus
  9. Zaman digital gini. Lebih mudah dengan ketuk jari y kak.

    Tqdi baca tips di awal habiskan pendapat auto "wow" hahaha. Setelah liat penjelasannya manggut2. Tapi kadang gak konsisten sih hiks..

    Ide merubah ovo ke premier jadi lebih mantap nih. Fiturnya lebih banyak ya

    BalasHapus
  10. Enak ya jaman kini. Tinggal klik aja udah beres semua. Gak perlu dusel-duselan antri di Atm

    BalasHapus
  11. Allhamdulillah ya sudah ada ovo invest jadi persiapan untuk masa depan jadi lebih santai. OVO memudahkan ya mbak

    BalasHapus
  12. Ovo memudahkan sekali dalam pengelolaan keuangan ternyata

    BalasHapus
  13. Wahh, aku baru tahu kalau OVO bisa untuk investasi juga.
    Pengen coba jadinya, luamayan kalau ada aplikasi gini investnya terawasi heheh

    BalasHapus
  14. menarik sekali konsepnya, karena memang terbiasa menggunakan OVO untuk pembayaran banyak hal sehari-hari dan sekarang bisa juga dipakai untuk berinvestasi

    BalasHapus
  15. Dana darurat tuh penting banget. Dari dulu saya selalu bikin cadangan dana darurat

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu OVO Invest ini, dan bisa menjadi solusi untuk invest di jaman now yaa. Hhuuuu makin dipermudah ajaa, langsung ulik2 ovo aahh.

    BalasHapus
  17. Investasi jadi semakin mudah dalam genggaman. Ovo Invest ini cocok untuk pemula yang mau belajar investasi dengan low risk.

    BalasHapus
  18. Meskipun investasinya dalam jumlah kecil, tetap berhati-hati untuk reksadana menggunakan unitlink yang floating. Mudah namun, nilainya akan tidak sama seperti di awal penempatan atau total penempatan.

    BalasHapus
  19. Canggih. Mudah ya sekarang kalau mau invest, ga pakai ribet. Ovo emang keren, selalu bikin inovasi yang memudahkan masyarakat.

    BalasHapus
  20. wah senangnya, sekarang bisa ikutan investasi dengan jumlah yang sesuai kemampuan ya mbak,Ovo makin komplit
    nggak hanya bisa jadi alat pembayaran tapi juga bisa untuk investasi

    BalasHapus
  21. Yaah promo cashback udh lewat. Menarik sekali untuk dicoba. Gampang bgt pula pendaftarannya.

    BalasHapus
  22. Saya juga pengguna OVO sangat praktis dan mudah sekali Dan yang pasti banyak promonya hehehe btw ternyata bisa invest juga ya ..baru tau saya

    BalasHapus
  23. Klik linknya belum tertaut dengan ovo nya ya ? Wah aku penasaran loh mau coba cek2 langsung ah di ovonyq. Makasih ya.

    BalasHapus
  24. Benar sekali tabungan darurat harus selalu ada agar kita punya dana cadangan, ternyata OVO bisa juga buat inves ya pengen lihat di aplikasi OVO makasih informasinya

    BalasHapus
  25. Aku selalu berusaha untuk ada tabungan darurat. Karna kita kan tak tahu apa yang terjadi kemudian hari. Mau coba ah inves pakai OVO

    BalasHapus
  26. wah serasa reminder
    kemarin saya upgrade Ovo karena mau coba invest, tapi trus lupa :D

    mau coba sore ini ah

    BalasHapus
  27. Ada minimal uang investasi yang boleh untuk dicarikan kah, kak?Untuk investasi, berarti menggunakan reksadana, kah?

    BalasHapus
  28. Daku pernah lihat sepintas di aplikasi OVO, hanya aja belum paham. Nanti kucoba ceki-ceki, tertarik juga untuk invest

    BalasHapus
  29. Dah pake ovo lama tpi baru tau skrg bsa buat invest jga, apa ini jga dijamin LPS mba?

    BalasHapus
  30. Asiknya OVO sekarang bisa buat invest juga dengan hadirnya OVO Invest. Memudahkan banget buat kita kita yang pengen nabung tapi nggak mau ribet ya.

    Ternyata harus upgrade dulu ya ke OVO premier. Aku belum nih.

    BalasHapus
  31. wah OVO sekarang makin banyak ya kegunaannya. Bukan cuma sebagai dompet digital tapi bisa buat investasi juga

    BalasHapus
  32. Aku juga baru tau ada ovo invest. Kepo banget langsung buka apknya. Enak nih ada ovo invest menabung jdi lebih mudah.

    BalasHapus
  33. Menarik banget nih. OVO nggak cuma buat bayar kalau belanja sesuatu tetapi bisa buat investasi.

    BalasHapus
  34. Tabungan dana darurat emang penting banget sih buat jaga2

    BalasHapus
  35. Aku kemarin jg udah cobain ini. Sampai sekarang masih kesave buat tabunganlah yaa itung2

    BalasHapus
  36. Menarik kak. Aku pengguna ovo tapi belum di upgrde sih. Jadi harus upgrade dulu nih. Apalagi anak kau sekolah menyusun anggaran dana gini emang harus lebih rapi biar ada uang darurat itu kan ya. Makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  37. Ini halal kak? Aku sih tertarik nyoba hehe apalagi bisa ditarik kapan pun ya.

    BalasHapus
  38. allhamdulilah ya MBa jadi tertolong kitanya adengan adanya ovo invest ini.
    yang mau invest hemat bisa banget

    BalasHapus
  39. wahs aya pengguna ovo juga niy mba, bisa cobain niy untuk simpanan invest gitu. tapi punya saya amsih baisa, bisa upgrade dulu deh ke premier

    BalasHapus
  40. Bisa beli reksadana lewat ovo ya. Jadi semakin mudah kalau mau berinvestasi.

    BalasHapus
  41. terobosan keren banget ini di ovo, aku dah nyobain juga kak

    BalasHapus
  42. Baru tahu nih ada produk ini di OVO. Makin banyak ya inovasinya OVO :)

    BalasHapus
  43. lengkap banget sekarang OVO bisa jadi invest :) jadi gampang ya buat ngatur keuangan nih

    BalasHapus
  44. Ovo keren gini, nanti ngulik2 ah. Makasih paparannya, yah

    BalasHapus