Ramadhan dari Waktu ke Waktu

 Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tak hanya karena kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa, pahala yang diberikan dari setiap kebaikan yang dilakukan pun akan dilipat gandakan.

Dari waktu ke waktu, bulan Ramadhan tetap menjadi bulan istimewa bagiku. Meski 2 tahun ini Ramadhan tidak seperti tahun sebelumnya, tetapi hal yang menyenangkan saat Ramadhan tetap bisa dilaksanakan.

  • Waktu berbuka

Berbuka puasa menjadi hal yang ditunggu. Tak hanya untuk melepas lapar dan dahaga, berbuka puasa juga menjadi quality time bersama keluarga maupun teman. Jika sebelum pandemi banyak undangan buka bersama, berbeda dengan tahun ini tentunya.

Saya pun merasakan hal yang sama. Apalagi selama 2 tahun ini kehadiran anggota keluarga baru. Tentu untuk pergi keluar rumah pun sangat diminimalisir. 

Saat berbuka puasa, menikmati hidangan puasa sangatlah terasa nikmat. Bahkan cuma lauk tempe sangat enak. Inilah mengapa di bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling sering bersyukur atas nikmatNya.

Berbuka puasa pun selagi di rumah malah bisa membuat waktu kebersamaan keluarga menjadi lebih menyenangkan. Kebetulan ketika buka puasa kami selalu lesehan. Jadi terasa banget rasa kebersamaannya.

  • Mencoba resep baru

Saat Ramadhan sering sekali untuk menciptakan resep baru. Meski terkadang sering gagal, tetapi mencoba resep baru cukup membuat bahagia. 

Selain bisa nyontek resep, coba resep baru bisa dibuat sendiri. Hanya saja, rasa masakan kadang tak sesuai ekspektasi.

Meski begitu, tetap lah menikmati apa yang sudah dibuat. Apalagi eksperimen masaknya bareng suami.

  • Sahur bersama

Bangun sahur terkadang sangat malas, apalagi jika badan capek atau jam tidur terlalu malam. Tetapi jika ada yang bangunin sahur, seketika semangat bisa langsung didapat.

Memasak saat sahur pun cukup berat terkadang. Apalagi jika rasa ngantuk lebih berat. Biasanya sih yang nemenin masak cuma si kucing. Tapi kadang ngerasa terganggu karena terus diikutin kemana pun. Cuma ya cukup bikin mata melek dan ada yang nemenin saat bikin makan sahutlr.

  • Tarawih

Ibadah Ramadhan yang ditunggu adalah tarawih. Jika dulu sering menghitung jumlah rakaat terawih yang sudah diselesaikan. Tentunya sekarang sudah tidak lagi dong?

Sekarang pun tarawih jadi di rumah saja. Selain karena ada anak, setidaknya untuk lebih waspada selama pandemi gini.

  • Ngabuburit

Menunggu waktu berbuka puasa pastinya jadi hal yang menyenangkan dong. Jika dulu lebih sering ngabuburit di jalan sambil nyari snack atau minuman untuk buka puasa, sekarang tidak lagi.

Selama pandemi sih emang lebih banyak di rumah saja. Selain untuk mencegah penularan covid-19, juga ngabuburit di rumah bisa tetap menyenangkan. Apalagi sekarang banyak aktivitas ataupun program yang bisa ditonton saat ngabuburit.

Nah itulah beberapa hal yang menyenangkan saat Ramadhan. Ada yang sama?



Tidak ada komentar