Kekasih Semusim, Kerinduan Cinta Seorang Gadis Remaja

 "Kanaya, pernikahan itu akan tampak bahagia di bulan-bulan pertama tetapi selebihnya kamu akan diuji melebihi cinta yang kamu rasakan. Dan kamu tidak bisa masuk ke dalamnya tanpa..."

Kehidupan percintaan menjadi salah satu bumbu dalam lika-liku perjalanan seorang manusia. Tak hanya melewati jalan yang lurus saja, perjalanan percintaan seseorang kerap kali harus melewati jalan berkelok dan menanjak. Sama halnya seperti kisah percintaan Kanaya dalam novel Kekasih Semusim karya Dini Fitria. 


Kanaya, seorang mahasiswi sekaligus travel influencer adalah seorang gadis yang dibesarkan oleh seorang single parent, Nina. Kehidupannya yang tidak menerima kasih sayang utuh dari kedua orang tua dan ibu yang sibuk bekerja agar dapur tetap mengepul membuat Nina ingin merasakan indahnya diberi kasih sayang dan cinta oleh lawan jenis.

Tentunya kehidupan cinta Kanaya tidak berjalan mulus. Ketika Kanaya sudah beranjak remaja dan ada seorang laki-laki yang mengatakan cinta padanya, tentunya hal ini membuat Kanaya bimbang. Apalagi Nina tidak memperbolehkan Kanaya jatuh cinta, apalagi sampai pacaran. Hingga kemudian ketika Kanaya kuliah, dia bertemu dengan seorang pria mapan yang memberikan kasih sayang dan membuat Kanaya jatuh cinta.

Cinta pertama seorang anak perempuan adalah ayahnya

Tentunya hal ini tidak berlaku lagi untuk Kanaya. Dia tidak pernah merasakan kasih sayang seorang ayah. Kanaya hanya sibuk dengan kehidupannya dan perjuangan meraih mimpinya sesuai dengan petuah ibunya.

Sebagai seorang gadis remaja, tentunya Kanaya merindukan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Dirinya yang tidak mengenal dan merasakan kasih sayang seorang ayah membuat Kanaya menginginkan kasih sayang, selain dari ibunya.

Reno, menjadi pilihan tambatan hati Kanaya yang haus akan kasih sayang seorang pria. Meskipun usia Reno sama seperti usia ibunya tak membuat Kanaya ciut menjalani hubungan percintaan dengan Reno. Terlebih, Kanaya beranggapan bahwa 'cinta tidak pernah salah' dan membuat dirinya yakin akan menikah dengan Reno.

Reno menjelma bak guardian angel untuk Kanaya. Tak hanya memberikan kelimpahan harta untuk Kanaya, Reno juga memberikan kasih sayang kepada Kanaya. Hal inilah yang dirindukan Kanaya, karena dia mendapatkan kasih sayang sekaligus, seperti kasih sayang seorang ayah dan kekasih.

Latar kota Praha yang menakjubkan

Meskipun tema dalam novel Kekasih Semusim ini adalah tentang percintaan, latar dalam novel ini akan membuat takjub dengan gaya story telling Mbak Dini yang mampu menggambarkan detail latar dengan sangat apik. Dengan latar di Benua Eropa, pembaca bisa membayangkan keindahan Kota Praha sebagai ibukota negara Republik Ceko.

Hanya dengan membaca novel Kekasih Semusim ini saya bisa travelling hanya melalui kata demi kata yang Mbak Dini tuliskan. Selain itu, setiap tempat dalam novel tidak hanya dideskripsikan saja secara visual, tetapi juga diceritakan mengenai sejarah dari tempat tersebut. 

Selain itu, pada novel juga diselipkan tips travelling ke luar negeri, terlebih jika harus travelling ke negara yang memiliki 4 musim. Selain itu, pada novel juga disebutkan mengenai bagaimana suasana tempat hingga interaksi dengan warga setempat.

Eyang Yono, Seorang Eksil 1965

Yang menarik dari novel ini adalah dengan adanya kehadiran Eyang Yono, seorang eksil 1965 yang kini tinggal di Praha. Eyang Yono dulunya dikirim oleh Presiden Soekarno untuk mengeyam pendidikan di Praha. Hanya saja, karena tragedi 1965, beliau harus kehilangan kewarganegaraan dan kini menua di Praha.

Meskipun novel Kekasih Semusim ini merupakan karya fiksi, sosok Eyang Yono benar adanya. Melalui novel ini, saya bisa merasakan jiwa nasionalisme dari seorang Eyang Yono dan merasakan bagaimana tidak bisa pulang ke tanah air.

Tak hanya diselipkan sejarah yang baru saya ketahui, melalui novel ini pun banyak pelajaran yang bisa diambil dari Eyang Yono. Melalui Eyang Yono, banyak petuah mengenai cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak.

"Kamu boleh marah pada masa lalu, tapi kamu tidak bisa mengembalikan apa yang sudah terjadi dulu, ke hari ini" (Eyang Yono dalam Kekasih Semusim)

Kekasih Semusim, Perjalanan Kisah Cinta Manusia

Kembali lagi ke kisah cinta Kanaya dan Reno. Drama percintaan dua manusia beda generasi ini tentunya sangat menggelitik jika dibahas, apalagi di masyarakat sendiri jika seorang masih memiliki stigma negatif. Tentunya bukan tentang hubungan percintaannya yang diberikan stigma negatif tersebut, tetapi adanya timbal balik di antara keduanya.

Tetapi, apakah cinta Kanaya kepada Reno merupakan hal yang salah? Apakah gosip tentang dirinya sebagai sugar baby membuat Kanaya menjadi depresi?

Dalam kisah ini pun ternyata cukup banyak kejutan dari Mbak Dini. Alur ceritanya tidak banyak bisa ditebak, terlebih kisah masa lalu Nina yang tidak ingin Kanaya mengalami hal yang sama seperti dirinya.

Nah, seperti apa kisah antara Kanaya, Reno, dan Nina? Bisa langsung dibaca ya novel Kekasih Semusim karya Dini Fitria.

11 komentar

  1. Seru banget. Baca sinopsisnya aja bikin berimajinasi sama karakter di tokohnya. Apalagi setting tempatnya bagus. Makin penasaran untuk baca sampai selesaiiiii :') semoga suatu saat bisa juga ke LN. aamiin

    BalasHapus
  2. Ini novel yg cukup wara wiri di timeline Instagram ku, rupanya novelnya cukup menarik untuk dibaca sampai habis. Jadi pengen punya wkwk

    BalasHapus
  3. Tadi udah mau komen, apakah om Reno termasuk sugar dady? Kayanya ceritanya ngga menye-menye kaya teenlit kebanyaan. Jadi penasaran dengan sosok eyang Yono dan latar Praha.

    BalasHapus
  4. Ini best seller ga sih mba? Cukup byk yg review buku ini yaaa

    BalasHapus
  5. Aku pernah baca reviewnya dan baru tau kalau Reno umurnya jauh banget dari Kayana. Pantas aja dikatain sugar daddy hehe

    BalasHapus
  6. Wah, tulisan ini benar-benar bikin saya penasaran sama novelnya. Keknya mayan dalem ya

    BalasHapus
  7. Bener banget, cinta pertama seorang anak perempuan adalah ayahnya. Untuk itu seorang ayah harus menjadi figur teladan. Btw baca sinopsisnya aja udah terasa menyenangkan harus baca langsung nih bukunya. Ainhy E

    BalasHapus
  8. wah seru banget sih bisa baca buku fiksi gini, makasih mbak udah spill ceritanya. jadi kepengen baca deh.

    BalasHapus
  9. Yaampun bikin penasaran hihi.. sepertinya sangat bagus isinya

    BalasHapus
  10. Aku belum baca yang ini. Masih kelarin yang Istri Kedua Gus dulu, hehehe
    Banyak nih yg rekomen novel ini utk bacaanku selanjutnya

    BalasHapus
  11. Sering nih liat review novel ini wara wiri. Dari sinopsisnya ternyata ceritanya tampak menarik. Aku jadi penasaran. Dan aku setuju, cinta pertama anak perempuan adalah sosok ayahnya.

    BalasHapus