Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi



Sebagai seorang wanita yang sudah menginjak masa pubertas tentunya menstruasi menjadi salah satu tandanya. Perlu diketahui jika ternyata kebersihan diri ketika menstruasi perlu diperhatikan. Hal ini karena akan berhubungan langsung dengan kesehatan reproduksi.

Fakta tentang kesehatan reproduksi

Minimnya pengetahuan remaja menjadi salah satu faktor kurangnya kesadaran perempuan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

1. 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang dilakukan saat mengalami menstruasi pertama

2. 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalut 4-12 jam sekali. Sisanya hanya mengganti sebanyak 2 kali sehari 

3. Hanya 1 dari 3 anak perempuan yang mencuci tangan setelah mengganti pembalut.

Tentunya hal ini sangat miris bukan, apalagi di masa remaja ini anak perempuan butuh pengetahuan mengenai kebersihan saat menstruasi sebagai habit agar kebiasaannya ini tidak mengganggu kesehatan reproduksinya.

Masalah Kesehatan Reproduksi Akibat Tidak Higienis Saat Menstruasi

Dari data di atas perlu menjadi perhatian orang tua, terutama bagi yang memiliki anak perempuan. Pemberian pengetahuan mengenai kebersihan saat menstruasi penting agar tidak terjadi masalah pada organ reproduksi seperti berikut.

1. Vaginitis

Vaginitis merupakan peradangan di daerah vagina yang ditandai dengan rasa gatal dan keluarnya keputihan. Biasanya, keputihan karena vaginitis ini mengeluarkan bau yang tidak sedap. Masalah vaginitis ini timbul karena tidak bersihnya seseorang dalam menjaga organ vaginanya.

2. Vaginosis bakterialis

Masalah ini terjadi karena tidak seimbangnya bakteri alami yang hidup di vagina. Masalah ini memang tidak berdampak serius, tetapi bisa memicu infeksi saluran kelamin, seperti PMS hingga HIV/AIDS. Pada masalah ini ditandai dengan gejala gatal dan keputihan yang terjadi karena jarang mengganti pembalut saat menstruasi.

3. Kandosis vulvovaginalis

Masalah ini disebabkan karena adanya infeksi Candida albicans di vagina dan vulva. Infeksi ini mengakibatkan rasa gatal, pembengkakan di vagina dan vulva, serta keputihan. Penyebabnya karena kurang bersihnya organ reproduksi, terutama saat menstruasi.

4. Infeksi Saluran Kemih

Ternyata jika kebersihan organ reproduksi tidak terjaga dengan baik bisa menyebabkan risiko ISK. Bahkan jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Remaja Putri

Bagi orang tua, memberikan pengetahuan awal sebelum anak perempuan menstruasi sangat penting. Hal ini dikarenakan ibu menjadi sumber informasi awal yang dibutuhkan anak menjelang informasi. Jika tidak diberi tahu, maka akan berakibat pada emosi negatif, tidak siap menghadapi menstruasi pertama, dan terjadi kesalahpahaman informasi mengenai menstruasi.

Sebagai seorang ibu, tentunya perlu pemahaman yang baik mengenai menstruasi. Untuk itulah perlu dibedakan mana informasi yang benar-benar fakta dan mana yang hanya mitos belaka.

Tentunya, ketika memberikan informasi mengenai menstruasi ke anak perlu komunikasi yang baik. Bangun komunikasi ibu ke anak layaknya seorang sahabat, sehingga anak nyaman saat bertanya. Selain itu, ada baiknya pula mengajak anak berdiskusi, agar anak benar-benar paham mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi saat menstruasi.

Perlu diketahui pula, jika memberikan pengetahuan menstruasi tidak hanya diberikan kepada anak perempuan saja. Anak laki-laki perlu diberikan pemahaman tentang menstruasi agar bisa menghargai dan memahami perempuan.

Untuk menjaga kesehatan reproduksi saat menstruasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pengelolaan kebersihan dan kesehatan saat menstruasi, seperti mandi 2 kali sehari dan mengganti pembalut setiap 4 jam sekali 

2. Menggunakan pembalut yang higienis

3. Ada akses untuk membuang pembalut, toilet, air bersih, dan privasi saat mengganti pembalut.

Betadine Feminine, Solusi untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kebersihan reproduksi sangat penting agar terhindar dari masalah reproduksi. Salah satunya adalah menggunakan produk pembersih yang memiliki pH sama seperti kondisi alami organ reproduksi (pH asam).

Nah, produk kewanitaan yang bisa digunakan adalah Betadine Feminine. Ada beberapa rangkaian produk dari Betadine yang mampu menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan.

1. Daily Protection

Produk ini diperkaya dengan prebiotik, pH balance, dan paraben free. Selain itu juga produk ini hypoallergenic dan gynaecologically tested.

Beberapa produknya diantaranya:

a. Betadine Feminine Wash Foam Gentle Protection

b. Betadine Feminine Wash Foam Fresh and Active

c. Betadine Feminine Wash Natural Daun Sirih Radiance Blossom

d. Betadine Feminine Wash Natural Daun Sirih Firming Floral

2. Red Days

Produk ini digunakan saat menstruasi untuk mengurangi risiko infeksi kuman. Produk ini mengandung antiseptik PVPI 10%  yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau tidak sedap, keputihan, iritasi ringan, dan gatal. Produk yang bisa digunakan Betadine Feminine Hygiene Povidone - Iodine 10%.

3. Infection

Saat terjadi infeksi, produk Betadine Vaginal Douche Povidone Iodine 10% bisa menjadi produk yang tepat. Untuk menggunakan produk ini ada baiknya untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

4. Travelling Essential

Jika suka bepergian, Betadine juga memiliki produk yang tepat untuk dibawa, yaitu Betadine Feminine Wipes Daily Use. Produk ini berupa tisu dengan kandungan probiotik, dan pH seimbang yang hypoallergenic, gynaecologically tested, flusable, dan biogredable.

Mudah bukan untuk menjaga kesehatan reproduksi saat menstruasi?

Sumber :

Webinar 'SEHAT DAN BERSIH SAAT MENSTRUASI' tanggal 27 Mei 2021

16 komentar

  1. Fakta tentang kesehatan produksi di atas, memang aku alami duluu saat pertama kali mendapatkan menstruasi. Jujur karena memang ga pernah diedukasi sama orang tua, jadinya ku nyari sendiri.
    Lain hal dengan jaman sekarang yang serbba terbuka sama anak perempuanku, dan bia diajak diskusi soal kesehatan saat menstruasi.

    BalasHapus
  2. jaman sekarang enggak perlu risih-risih gitu ya bicara tentang menstruasi, apalagi anak perempuan ke ibunya. Harus saling cerita, anak juga harus tahu dari ibunya sendiri untuk menjaga kebersihan organ kewanitaannya.


    Dulu saya juga canggung banget pas menstruasi pertama, ya malu, takut dan lain sebagainya. Semoga anak-anak sekarang bisa curhat apa yang menjadi kebutuhannya ke ibunya sendiri.

    BalasHapus
  3. Banyak banget pengetahuan baru tentang menstruasi, yang dulunya kupikir gampang2 aja yang penting sering ganti pembalut dan basuh area kewanitaan, ternyata masih banyak lagi yang perlu diperhatikan 😅

    BalasHapus
  4. Nah setuju nih edukasi menstruasi harus diberikan pemahaman sejak dini pada anak ya supaya mendapat informasi yang benar tentang manajemen kebersihan menstruasi

    BalasHapus
  5. Sebagai ibu yang punya anak perempuan, aku merasa terbantu dengan artikel yang Mbak tulis. Banyak sekali insight yang saya dapet mengenai menstruasi, nanti bisa aku teruskan ke anakku ketika waktunya tiba :)

    BalasHapus
  6. Penting ya gunakan pembersih area kewanitaan saat haid

    BalasHapus
  7. Jadi perempuan memang kudu aware sama bagian intim diri sendiri ya. Biar ga kena penyakit serius.

    BalasHapus
  8. Betadine selalu terdepan menjaga organ intim perempuan ya?
    Puluhan tahun lalu saya mendapat resep Betadine Vaginal Douche dari dokter obgyn
    manjur banget sampai sekarang

    BalasHapus
  9. Aku jadi tertarik coba produk Betadine setelah ikut webinar kemarin, mbak. Ternyata bisa diorder lewat ecommerce

    BalasHapus
  10. Banyak juga masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan kalo nggak menjaga kebersihan diri selama menstruasi ya. Vaginitis misalnya.

    Pilih produk pembersih area kewanitaan ini perlu banget dipertimbangkan, semisal memilih yang aman keluaran Betadine.

    BalasHapus
  11. Pentingnya edukasi sedari dini mengenai menstruasi sangatlah penting, terlebih lagi menyampaikan informasi seputar menjaga daerah kewanitaan seperti apa.
    Jangan sampai keliru terlebih lagi soal pembalut yang baik ketika menstruasi.

    BalasHapus
  12. Kalau sudah ada edukasi sejak dini, maka saat menarke dan menstruasi selanjutnya sudah punya ilmunya kan ya

    BalasHapus
  13. Produk betadine ini memang solusi untuk menjaga organ kewanitaan. Dan ini penting serta harus diedukasi kan sejak dini

    BalasHapus
  14. Penyakitnya bahaya banget ya buat kondisi perempuan apalagi vaginanya, pdhl ini berpengaruh pada reproduksi dan kondisi biologis perempuan lainnya seperti hamil melahirkan dll

    BalasHapus
  15. Bahaya bgt ya penyakit kewanitaan ini. Aku pernah alami ISK aja ga enak bgt ngapa2in berasa ga nyaman krn perut anyang2an terus hiks

    BalasHapus
  16. aduh ternyata banyak yah penyakit yang bisa dialami vagina bila tak dijaga kebersihannya. bahkan terburuknya mungkin saja memicu karker serviks

    BalasHapus