Serunya Berpetualang ke Planet Mochi Bersama Mungilmu

 Memiliki anak laki-laki cenderung mempunyai impian yang cukup imajinatif dan sedikit ekstrem. Kalau tidak ingin terbang, impian untuk menjelajah ke luar angkasa menjadi pilihannya.

Anak saya termasuk yang memiliki imajinasi yang cukup liar tentang alam semesta, terlebih dirinya lebih menyukai belajar di alam dibanding jika harus berada di dalam ruangan. Sayangnya, di masa pandemi seperti ini saya agak kesusahan untuk memfasilitasi anak untuk belajar di alam langsung. Beruntung, saya menemukan event ‘Liburan ke Planet Mochi: Main ke Planet Uranus Bareng Mungilmu & Nana Mirdad’ yang diselenggarakan oleh Paddle Pop.


Persiapan Menuju Planet Mochi

Didampingi oleh ibu guru dari Mungilmu, kami mendapatkan undangan yang dikirim oleh Singa Paddle Pop untuk berkunjung ke Planet Mochi. Sayangnya, kami belum mengetahui dimana letak pasti dari Planet Mochi.

Nah, agar bisa sampai ke Planet Mochi tanpa tersesat, tentunya harus ada clue untuk menuju Planet Mochi. Dalam undangan dari Singa Paddle Pop sudah ada clue yang harus dipecahkan untuk bisa sampai ke Planet Mochi.

Untuk bisa berkelana di luar angkasa, tentunya butuh transportasi menuju Planet Mochi. Nah, di sini kami diminta untuk membuat roket agar bisa meluncur dari bumi. Sedangkan agar tidak tersesat saat menuju Planet Mochi, tentunya kami membutuhkan peta tata surya.

Membuat DIY Tata Surya

Mengenal tata surya bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Jika menggunakan buku menjadi cara biasa untuk mengenalkan tata surya ke anak, membuat DIY tata surya akan lebih mengasah kemampuan anak, selain anak juga mengetahui planet susunan dari tata surya.

Untuk membuat DIY tata surya, tentunya harus ada bahan yang disiapkan. Nah, untuk bahan-bahannya memerlukan karton, lem, gunting, dan printable planet. Tentunya, bahan ini mudah didapatkan dan pastinya bisa dilakukan kapan saja di rumah bersama anak.

Hanya saja, perlu diperhatikan dalam membuat DIY tata surya untuk selalu memberikan arahan dan edukasi mengenai planet di tata surya. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih mengerti mengenai planet tata surya dan menjadi kenangan tersendiri untuk anak.



Manfaat Membuat DIY Tata Surya

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dari membuat DIY tata surya sendiri bersama anak. Dengan membuat DIY tata surya ada beberapa hal yang bisa didapatkan.

1.      Melatih motorik anak

Membuat DIY tata surya berarti anak perlu melakukan aktivitas menggunting hingga menempel. Aktivitas inilah yang akan membuat anak terlatih motorik halusnya. Aktivitas memotong bisa menjadi latihan untuk anak agar bahan yang dipotong menjadi lebih presisi dan saat bahan ditempel akurat pada tempat yang dituju.



2.      Merangsang kognitif anak

Tentunya ketika memuat DIY tata surya, anak menjadi lebih terangsang pengetahuan mengenai planet penyusun tata surya dan benda langit yang ada di dalamnya. Anak bisa mengetahui lrtak planet tempat dirinya tinggal dan planet lainnya. Selain itu, anak juga bisa mengeskplor apa saja benda langit yang ada di tata surya dan bentuknya.

3.      Melatih komunikasi produktif

Dalam membuat DIY tata surya ini tentunya peran orang tua sangatlah penting. Sebagai orang tuaa, tentunya perlu memberikan arahan dimana letak planet dalam tata surya. Inilah yang akan melatih komunikasi produktif antara orang tua dan anak.

4.      Membangun bonding anak dengan orang tua

Kerjasama dalam membuat DIY tata surya sangatlah penting. Hal ini agar DIY bisa jadi dengan baik. Adanya kerjasama dalam membuat DIY inilah yang akan membangun bonding anak dengan orang tua menjadi lebih dekat.

Anak saya sendiri cukup excited dalam membuat DIY tata surya ini. Terlebih hal ini menjadi impiannya untuk bisa menjelajah luar angkasa dengan menjadi astronot.



 

Tidak ada komentar