Cegah Gigi Berlubang atau Karies Sejak Dini dengan Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam perawatan kesehatan. Nah, salah satu yang penting diperhatikan adalah perawatan kesehatan gigi anak. 

Gigi berlubang alias karies menjadi salah satu masalah kesehatan gigi anak yang kerap dialami sejak dini.Tingginya angka karies pada anak tentunya menjadi perhatian para orang tua. Untuk itulah penting bagi orang tua memberikan kebiasaan menggosok gigi pada anak sejak dini dengan produk yang aman digunakan anak.

Gigi Berlubang atau Karies Gigi

Merupakan rusaknya struktur pada lapisan gigi secara secara bertahap. Karies diawali dengan rusaknya lapisan gigi terluar atau enamel. Biasanya disebabkan oleh asam laktat dari sisa makanan yang menumpuk dan bercampur dengan bakteri. Asam ini akan menuju lapisan tengah gigi dan menggerogoti dentin yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Nah, jika tidak dibersihkan dan mendapatkan perawatan yang tepat, tentunya kerusakan gigi akan menjadi semakin parah. Selain itu, karies juga bisa menyebabkan anak susah makan, rewel karena sakit gigi, dan pertumbuhan gigi yang kurang baik.

Di Indonesia sendiri kasus gigi berlubang atau karies gigi cukup banyak. Dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Indonesia tahun 2018 menyatakan jika anak usia 3-4 tahun di Indonesia yang mengalami karies gigi sebanyak 81,5%. Bahkan, setengah dari 75 juta balita di Indonesia mengalami karies gigi dan jumlah terus meningkat setiap tahunnya.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang atau Karies Gigi

Gigi berlubang atau karies gigi bisa terjadi karena proses yang bertahap. Hal inilah yang kemudian membuat kualitas gigi menjadi semakin menurun.

Meski begitu, karies gigi bisa dicegah sejak dini dengan rajin menerapkan kebiasaan menggosok gigi yang benar. Ada baiknya untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah makan dan malam hari sebelum tidur.

Karies gigi juga bisa dicegah dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hanya saja, untuk anak yang belum bisa meludah (biasanya di bawah 3 tahun) tidak disarankan untuk menggunakan pasta gigi berfluoride. Hal ini dikarenakan jika kandungan fluoride yang tertelan dalam jumlah banyak, akan berdampak buruk pada kesehatan.

Mengajarkan anak kebiasaan menggosok gigi secara teratur tentunya penting untuk diperhatikan. Terlebih untuk anak batita yang belum bisa meludah, tentunya orang tua perlu menyediakan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride, aman jika tertelan anak, dan pastinya juga efektif untuk cegah karies.

Salah satu bahan yang biasanya digunakan pada pasta gigi bayi & anak adalah xylitol. Hanya saja, menurut American Pediatric Dentistry tahun 2020, penggunaan xylitol pada pasta gigi tidak cukup untuk memperkuat lapisan enamel gigi dan mencegah karies.

Untuk membantu para orang tua mendapatkan pasta gigi yang aman untuk anak, Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste hadir untuk membantu mencegah karies gigi pada anak. Selain mengandung xylitol, ada juga inovasi kandungan yang istimewa, yaitu Hydroxyapatite (HAP) yang akan membantu memperkuat lapisan terluar gigi atau enamel.

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste menjadi pilihan yang tepat para orang tua untuk membantu mencegah karies gigi pada anak. Dikemas dengan ukuran 50g, ada dua varian rasa yang bisa dipilih, yaitu strawberry dan French vanilla.



Pasta gigi dari Motherlove ini mengandung 3 bahan utama, yaitu :

1. Hydroxyapatite (HAP) untuk memperkuat lapisan enamel gigi dan membantu pertumbuhan gigi menjadi lebih optimal. Perlu diketahui jika 95-98% lapisan terluar gigi terdiri dari kristal hidroksiapatit, yaitu mineral kalsium yang terbentuk secara alami. Dengan menggunakan pasta gigi mengandung HAP dapat menjaga lapisan enamel gigi lebih kuat dan terhindar dari risiko karies gigi.

2. Xylitol, untuk membantu melindungi gigi dari risiko karies dan plak, karena kandungannya mampu menekan bakteri di mulut.

3. Aloe vera organik, untuk menjaga kesehatan gusi dan membantu menenangkan gusi saat gigi baru tumbuh dengan lembut.

Untuk penggunaan sehari-hari, Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

1. Manfaatnya sudah teruji, karena adanya kandungan hydroxyapatite (HAP) yang mampu mencegah karies gigi

2. Aman bila tertelan dan sudah tersertifikasi Halal MUI

3. Tidak ada kandungan fluoride, SLS, paraben, gula, dan pewarna

4. Ada 2 rasa, strawberry dan French vanilla yang disukai anak.

5. Bisa digunakan sejak anak tumbuh gigi.

Review Penggunaan Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste 

Sebagai orang tua, saya sendiri cukup aware dengan kesehatan gigi anak. Terlebih, gigi anak pertama yang berumur 6 tahun sekarang sudah banyak yang gigis. Agar tidak terulang di anak yang kedua, perawatan gigi dengan menggunakan pasta gigi yang tidak hanya aman digunakan, jika tertelan, tapi juga efektif untuk cegah gigi berlubang atau karies. 

Anak kedua saya memang sangat antusias saat menggosok gigi. Hanya saja, karena belum bisa berkumur, alhasil tidak saya berikan pasta gigi. Beruntung sekarang sudah ada inovasi terbaru dari Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste yang aman digunakan sejak gigi pertama tumbuh dan mampu mencegah karies sejak dini.

Kesan pertama, aroma dari pasta gigi terasa wangi saat tutup dibuka. Aroma dari kedua rasa pasta gigi ini hampir mirip dengan es krim strawberry dan vanilla yang lembut. 

Untuk tekstur dari pasta gigi ini seperti gel dan berwarna sedikit lebih bening. Setelah diberi sedikit air, pasta gigi Motherlove ini juga tidak memiliki busa yang banyak (no SLS). Selain itu, rasanya juga alami, tidak manis.

Anak saya sendiri cukup antusias saat menggosok gigi menggunakan Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste. Selain karena baru pertama menggunakan pasta gigi, juga aroma pasta gigi yang sangat disukainya. 

Sekarang, saya tidak perlu khawatir ketika harus memberikan pasta gigi kepada anak. Dengan menggunakan Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste, kekhawatiran pasta gigi tertelan dan berdampak pada kesehatan anak sudah tidak terjadi lagi.

Nah, Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste ini sudah tersedia di beberapa e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Motherlove bisa langsung ke Instagram @motherlove_id atau ke website www.motherlove.id

29 komentar

  1. Saya sedang membayangkan toothpaste rasa strawberry atau vanila. Wah enak banget yach, jadi candu sikat gigi. Pinter produsen MotherLove Babies & Tollder toothpaste, anak jadi suka sikat gigi.

    BalasHapus
  2. wah senangnya, sekarang sudah ada pasta gigi khusus anak-anak: Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

    karena pasta gigi untuk anak-anak emang harus dibedakan pasta gigi dewasa

    BalasHapus
  3. Wah, ini yang kucariin, pasta gigi anak tanpa SLS soalnya suka ditelen sama anak-anak

    BalasHapus
  4. aku menjaga banget nih supaya anakku giginya nggak gigis.. meski sekarang udah agak rengganng sih, mgkn perlu nyoba jg nih pake pasta gigi motherlove, kandungannya bagus ya untuk menguatkan gigi

    BalasHapus
  5. Kemasan lucu dan rasa juga kesukaan anak-anak, pasti mereka akan suka melakukan kegiatan gosok gigi setelah melihat kemasan yang lucu dan rasa yang disukai

    BalasHapus
  6. Bener banget loh! Anak aku juga kena karies gigi nih. Andai tahu produk ini lebih awal mungkin aku bisa coba dari dulu.

    BalasHapus
  7. Kandungan pasta giginya bagus ya. Gigi anak saya termasuk yg mengalami karies sejak dini. Sekarang usianya 7 tahun saya upayakan pakai pasta gigi terbaik

    BalasHapus
  8. Kebetulan banget pas baca ini. Aku lagi mumet juga liat anakku yang umur 16 bulan. Kalau disikat gigi biasa, tetap kurang bisa ngejaga kesehatan gigi. Mau pakai pasta gigi, bingung nyari yang kandungannya aman kalau ketelan.

    BalasHapus
  9. Wah, makasih informasinya mba.. Anakku butuh banget ini nih.. Pas banget lagi nyari toothpaste yg cocok buat gigi anak

    BalasHapus
  10. kalau pasta giginya semerbak wangi es krim, anak balita pasti suka ya. karena kebanyakan pasta gigi anak rasa nya rasa buah. anakku pasti suka juga nih meski udah bukan balita lagi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk iya banget nih, wanginya pasti bikin nagih buat sikat gigi ya teh.. anakku juga suka ciumiin dulu baunya pasta gigi nih, soalnya pernah kejebak pake pasta gigiku, hihi

      Hapus
  11. pencegahan lebih baik daripada penyembuhan. Kasian kalau liat anak sakit gigi tuh. Pakai Motherlove Babies Toddlers Toothpaste ini bikin anak nyaman ya, jadi sikat gigi bisa menyenangkan bagi mereka

    BalasHapus
  12. Yihaa sejak dini banget ya Mam, pasta gigi si kecil benar-benar dirawatin
    jadi pengen beliin buat ponakan aku juga nih

    BalasHapus
  13. Fase anak merupakan fase belajar. Salah satunya belajar sikat gigi dan anak senang pastinya. Dengan menggunakan motherlove ini membuat kegiatan menyikat gigi jadi menyenangkan ya mbak

    BalasHapus
  14. Eh mba kebetulan banget anakku karies jugaa dan selama ini blm kepikiran ada pasta gigi yangg bisa benerin kariesnya anak. Nyoba aahh

    BalasHapus
  15. Kesehatan Gigi dan gusi memang harus dijaga sejak dini. Saya sendiri agak menyesal sekarang, malas kalau disuruh gosok gigi pas kecil.

    And sekarang ada produk MotherLove Babies Toddlers Toothpaste yang semoga meningkatkan minat anak untuk gosok gigi sesuai anjuran 2 kali sehari.

    BalasHapus
  16. Aku jadi membayangkan tooth pasta rasa strowbery deh... Bener sekali ya kak.. pencegahan lebih baik daripada pengobatan

    BalasHapus
  17. Ih packagingnya lucuk. Aku juga lagi cari pasta gigi anak nih, soalnya yg sekarang suka bikin bau mulut, huhu..

    BalasHapus
  18. Anakku yang pertama giginya parah karena emang ga aku paksain sikat gigi yang bersih.. Di anak kedua dan ketiga mulai bertekad deh mesti tegas ke anak soal gigi. Kasihan mereka sendiri soalnya kalo udah sakit gigi ya mba

    BalasHapus
  19. dari segi gambar dan packagingnya aja udah menarik nih buat anak biar rajin sikat gigi

    BalasHapus
  20. wah iya, penting banget ya mbak mencegah gigi berlubang pada anak
    untung sudah ada Motherlove Babies Toddlers Toothpaste ya sekarang ini

    BalasHapus
  21. Gigi anak-anak memang rentang berlubang/ terjadi karis ya ... Tapi Alhamdulillah kini ada pasta gigi yang bisa mencegah gigi berlubang

    BalasHapus
  22. iya banget nih harus edukasi sikat gigi dari kecil yaa, jangan sampe deh berkarang, aku baru ngerasain risiko karang gigi sampe akhirnya gigi keropos dan copot huhu, sekarang malah lagi rutin benerin gigi hvft

    BalasHapus
  23. Anak pasti suka sama gambarnya odol karena sudah pasti super cute. Jadi bikin penasaran aja cus deh kepoin shoppenya deh

    BalasHapus
  24. Wah menarik sekali..aku juga sdg mencari buat anak kedua juga. Sebab si sukung sudah bisa sih gosok gigi sendiri tapi y itu tidak bisa menghindari kariesnya.

    Nah harapnnya anak kedua bisa menemukan produk yg tepat. Boleh nih dicoba

    BalasHapus
  25. ah gemes bangettt kemasannya ^_^ bisa banget nih direkomendasiin buat keponakan aku yg masih kecill, thankyou reviewnya mbak <3

    BalasHapus
  26. Lucu kemasannya ya, gambar panda gitu. Anak-anak pasti tertarik. Emang tugas mamak dan bapak banget menjaga kesehatan gigi bocil sejak dini. Mana sekarang masa-masa anak maunya sikat gigi sendiri nggak mau disikatin, was-was bener nggak nyikatnya. Hehe..

    BalasHapus
  27. Kemasannya kok gemes. Aku jadi pengen coba deh ini. Anakku sejak kecil pakai pasta gigi enzim anak hehee

    BalasHapus
  28. waaa kalau pasta giginya enak gini pasti anak-anak jadi makin rajin ya sikat giginya :)

    BalasHapus