Kuat Puasa Saat Hari Pertama

 


Bulan Ramadhan merupakan bulan berkah dan dinantikan seluruh umat muslim. Tentunya saat Ramadhan ini ingin ibadahnya menjadi lancar, terlebih untuk puasa hari pertama. Agar puasa dan ibadah lainnya lancar, melakukan pola hidup sehat perlu untuk dilakukan.

Ketahui Metabolisme Tubuh Saat Puasa

Ketika tubuh dalam kondisi tidak puasa, maka tubuh akan membakar energi yang berasal dari glukosa. Glukosa yang dibakar ini berasal hati dan otot.

Hanya saja, ketika kita masuk fase puasa selama kurang lebih 8 jam. Maka energi yang biasanya digunakan berasal dari glukosa akan habis. Untuk itulah, agar tubuh bisa melakukan aktivitas seperti biasa, energi yang didapat berasal dari lemak.

Maka jangan heran ya, jika ternyata puasa bisa membakar lemak. Karena memang secara biologis, tubuh akan membakar lemak setelah glukosa yang tersimpan habis.

Hanya saja, jika ternyata persediaan lemak ini habis. Tubuh akan membakar protein. Kondisi inilah yang perlu untuk diwaspadai, karena bisa menyebabkan tubuh mengalami malnutrisi. Untuk itulah penting bagi kita menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat selama puasa. 

Tips Kuat Saat Puasa

Agar tubuh tetap kuat dan bugar saat puasa, ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan. Tips ini bisa dijalankan untuk yang beraktivitas normal.

1. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih di waktu puasa tetap tidak boleh berkurang. Meskipun di pagi dan siang hari tidak diperbolehkan minum, kita tetap bisa memaksimalkan waktu di malam hari hingga sahur untuk minum air putih setidaknya 2 liter sehari.

Agar tidak membuat perut menjadi kembung, ada baiknya untuk memberi jarak setiap kali minum air putih. Misalnya saja, 1 gelas ketika berbuka puasa, 2 gelas setelah berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur. Kemudian lanjutkan lagi 1 gelas saat bangun tidur dan 2 gelas saat sahur.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks

Agar tetap kuat dan tidak mudah lapar, ada baiknya untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah. Dengan konsumsi karbohidrat kompleks akan membuat tubuh menjadi lebih lama kenyang.

Hanya saja, jika tidak ada stok bahan pangan yang mengandung karbohidrat kompleks, bisa menggantinya dengan memperbanyak konsumsi protein di waktu sahur. Bisa memilih daging, telur, ataupun segelas susu yang dikonsumsi saat sahur.

3. Hindari minum dan makan makanan yang manis saat sahur

Agar tidak cepat lapar, ada baiknya untuk menghindari makanan yang manis saat sahur. Selain memiliki kalori yang tinggi, ternyata kandungan dopamin yang tinggi juga bisa memicu rasa lapar dengan cepat.

4. Hindari begadang

Agar tubuh tetap fresh selama puasa, hindari begadang di malam hari. Selain mempersingkat waktu tidur, begadang di malam hari juga membuat imun terganggu.

5. Makan secukupnya saat sahur

Ada baiknya untuk tidak berlebihan saat sahur maupun berbuka puasa. Sebaiknya untuk sewajarnya saja saat makan ataupun minum. Dengan begitu, lambung tidak akan cepat penuh yang akan membuat tubuh menjadi lebih mudah capek.

6. Beraktivitas seperti biasa

Meskipun sedang berpuasa, kita masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Ada baiknya untuk tidak terlalu banyak bermalas-malasan saat berpuasa. Selain bisa membuat tubuh menjadi lemas juga waktu yang ada menjadi tidak produktif.

Kira-kira ada lagi gak ya cara agar tubuh tetap fit saat puasa ?


Tidak ada komentar