Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

 


Ada gak sih yang selama puasa, tapi kulit jadi kerasa kering dan ketarik? 2 tahun kemarin, saya juga merasakan kulit jadi lebih kering dan ketarik. Hingga kemudian, di tahun kemarin, saya mencoba untuk lebih intens dalam melakukan perawatan kulit dan tentunya melakukan pola hidup sehat.

Penyebab Kulit Kering Saat Puasa

Jika konsumsi air saat puasa berkurang di waktu buka puasa dan sahur, maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Selain bisa membuat rasa haus, bahkan tubuh bisa mengalami dehidrasi. Ternyata kondisi tubuh yang kekurangan cairan juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

Biasanya ketika kulit kekurangan cairan, aka berpengaruh pada perubahan kulit. Misalnya, kulit menjadi lebih kasar dan kusam, terasa kering bahkan ketarik, hingga mengalami pecah-pecah, bahkan bisa sampai bersisik.

Kondisi ini tentunya sangat tidak nyaman. Terlebih pastinya di hari lebaran ingin tampil lebih glowing.

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa

Tentunya tidak ingin bukan kulit jadi lebih kering saat puasa. Kondisi yang membuat bagian wajah, tangan, dan kaki yang kering ini pastinya bisa diatasi dan dicegah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering saat puasa.

1. Jaga pola makan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga pola makan. Meskipun puasa dan ketika berbuka puasa dalam kondisi perut yang lapar, tetap jangan kalap, apalagi banyak takjil yang menggoda.

Makanan yang digoreng menjadi hal yang perlu dihindari ketika puasa. Meskipun rasanya yang enak dan renyah, konsumsi makanan yang digoreng saat puasa akan meningkatkan risiko dehidrasi saat puasa.

Untuk menjaga kulit agar tetap lembap, bisa dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan. Antioksidan yang terkandung pada makanan mampu memperbaiki sel kulit yang rusak. Makanan dengan kandungan antioksidan bisa ditemukan pada kacang-kacangan, tomat, dan wortel.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Agar tubuh tetap fit dan kulit tidak kering saat puasa, harus menjaga asupan cairan ketika sahur dan berbuka. Untuk lebih mudahnya dalam mengatur konsumsi air saat puasa, bisa menggunakan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

3. Gunakan pelembap

Selain menjaga asupan makanan, perlu juga menggunakan produk kecantikan yang mampu melembapkan. Bisa dengan menggunakan produk dengan kandungan hyaluronic acid,ceramide, atau petroleum. Tak hanya mengoleskannya ke wajah, menggunakan body lotion secara teratur juga mampu mengatasi kulit kering dan pecah-pecah selama puasa. 

4. Tidak skip pakai sunscreen

Meskipun selama puasa, lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, jangan pernah skip untuk menggunakan sunscreen. Di dalam rumah memang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, tetapi UV A mampu menembus ke dalam rumah, melalui jendela maupun celah-celah rumah. Terpaparnya kulit ini akan meningkatkan risiko penuaan. Salah satu tandanya adalah kulit terasa lebih kering.

Selain itu, ketika berativitas di luar ruangan juga perlu menggunakan sunscreen. Gunakan sebanyak 2 ruas jari, agar perlindungan terhadap sinar UV tetap maksimal.

5. Gunakan face mist

Jika kulit terasa kering, bisa menyemprotkan face mist ke bagian yang terasa kering. Selain menyegarkan, face mist dengan kandungan bahan hydrating akan membuat kulit lebih lembap dan kenyal.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering saat puasa yang bisa dicoba. 

Tidak ada komentar