Kandungan Skincare yang Bikin Awet Muda

 


Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh menjadi semakin berkurang. Hal inilah yang kemudian membuat elastisitas kulit menjadi berkurang. Alhasil, kulit jadi mengendung dan tidak kencang lagi.

Di usia yang sudah kepala 3 ini, saya pun merasakan hal demikian. Tak hanya kulit saja yang mengendur, pori-pori juga menjadi terlihat lebih besar.

Agar tidak semakin bertambah tanda-tanda penuaan, ada beberapa produk skincare yang perlu digunakan, seperti berikut.

1. Sunscreen

Menurut beberapa penelitian, sunscreen menjadi produk skincare yang secara ilmiah mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Hanya saja, penggunaan sunsreen harus tepat sesuai takaran, yaitu 2 ruas jari dan rajin melakukan re-apply sunscreen.

Selain itu, meski hanya berada di dalam rumah, sunscreen juga perlu digunakan secara rutin. Hal ini dikarena sinar UV A masih bisa menembus melalui celah-celah rumah, jendela, dan pintu. Sinar UV A inilah yang kemudian akan mengakibatkan kulit mengalami penuaan.

2. Skincare dengan kandungan antioksidan

Kandungan skincare yang kaya antioksidan mampu mencegah tanda-tanda penuaan di kulit. Ada beberapa kandungan antioksidan yang bisa ditemukan di produk skincare seperti berikut 

a. Vitamin C

Selain bisa untuk mencerahkan wajah, vitamin C juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk kulit. Vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen yang mampu mencegah kulit menjadi kendur. Selain itu, vitamin C juga mampu memproteksi kulit dari paparan sinar UV. Akan tetapi, untuk hasil terbaiknya, jangan lupa untuk selalu mengkombinasikan vitamin C dan sunscreen di pagi hari.

b. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga kaya akan antioksidan. Vitamin E mampu melindungi membran kulit dari kerusakan oksidatif dan juga mencegah kerusakan kolagen. Mengombinasikan vitamin E dan vitamin C akan membuat kulit jadi lebih awet muda.

c. Vitamin B3

Vitamin B3 atau lebih dikenal dengan niacinamide juga tinggi akan antioksidan. Niacinamide juga dikenal sebagai kandungan skincare pencerah wajah. Selain itu, kandungan niacinamide mampu meningkatkan ceramide dan menjaga kulit tetap lembap.

3. Retinol

Retinol menjadi salah satu kandungan skincare anti-aging yang perlu dihindari oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Meski demikian, kandungan retinol memiliki fungsi mirip seperti vitamin A yang dapat dengan cepat meregenerasi kulit. Selain itu, retinol juga mampu memudarkan bekas jerawat dan aman digunakan untuk memiliki kulit yang acne prone.

Nah, itulah kandungan skincare yang dapat membuat kulit jadi lebih awet muda. Adakah yang rutin menggunakannya?

Tidak ada komentar