Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental


Tanggal 10 Oktober 2020 apa yang ada di benak kita semua? Hari kelahiran atau justru lagi happening karena ada promo 10.10?

Banyak yang tidak menyadari bahwa di tanggal 10 Oktober adalah hari kesehatan mental dunia. Selama ini kita hanya menyadari bahwa kesehatan hanyalah sebatas tidak mengalami sakit fisik saja. Padahal, kesehatan mental juga menjadi definisi kesehatan secara umum.

Sering kan melihat reaksi korban bullying? Nah, beberapa dampaknya biasanya ada pada kesehatan mentalnya. Terlebih, di masa pandemi seperti ini kondisi psikologis perlu dijaga, apalagi jika harus terkena dampak pandemi.

Pada umumnya, kesehatan mental ini mengacu pada kognitif, perilaku, dan emosi seseorang. Inilah yang membuat orang bisa berpikir, berperilaku, dan merasakan kondisi yang ada di sekitarnya. Bahkan, beberapa orang akan merasakan kesulitan untuk beraktivitas seperti biasa.

Kesehatan mental ini pun sangat penting. Karena jika kesehatan mental seseorang lemah, maka bisa berakibat fatal untuk dirinya. Untuk itulah diperlukan pendidikan dan pendampingan mengenai kesehatan mental.

Yang perlu diketahui bahwa mental seseorang tidaklah sama, meskipun berada di dalam satu atap. Kondisi lingkungan dan psikologis menjadi faktor yang mempengaruhinya. 

Agar kesehatan mental bisa terjaga, kita perlu melakukan berbagai cara seperti berikut ini.

  • Makan makanan bergizi

Agar kesehatan mental tetap terjaga, ada baiknya untuk makan makanan yang bergizi. Gunakan menu Piring Gizi Seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Jika nutrisi sudah terpenuhi, maka tubuh dan pikiran bisa sinkron. Pikiran juga menjadi lebih segar dan mampu bekerja sesuai nalar dan norma yang ada.

  • Olahraga dan melakukan aktivitas fisik

Jangan sepelekan olahraga dan aktivitas fisik. Dengan melakukan aktivitas yang bisa membakar kalori tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Olahraga dan aktivitas fisik akan membuat pikiran menjadi lebih segar. 

  • Istirahat

Istirahat sejenak akan membuat tubuh menjadi rileks. Ketika tubuh rileks, maka pikiran pun juga akan rileks. Ada baiknya untuk istirahat minimal 7 jam sehari. Jika ternyata aktivitas sangat banyak, setidaknya jangan sampai tidur kurang dari 5 jam sehari. Selain dapat memperlemah kesehatan mental, kekurangan tidur juga bisa menurunkan daya tahan tubuh.

  • Hindari stres

Stres yang berkelanjutan bisa membuat kondisi mental seseorang menjadi lemah. Lakukan coping stres sesuai dengan keinginan dan hal yang disukai.

  • Berpikiran positif

Selalu berpikiran positif dalam hidup bisa membantu kesehatan mental diri. Hindari berpikiran negatif untuk hal-hal di sekitar. Selain akan menguras energimu, emosi juga akan ikut tersulut yang akan membuat terganggunya mental.

  • Ibadah

Menyerahkan semua kepada Allah akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, kita juga perlu beribadah kepadaNya. Selain sebagai bentuk penghambaan, dengan beribadah juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat, seperti puasa dan tubuh semakin bugar, seperti sholat.

Kesehatan mental perlu dijaga. Selain untuk menjaga diri dari risiko yang buruk, menjaga kesehatan mental diri juga dapat membuat orang di sekitar menjadi nyaman.


1 komentar

  1. Makasih banyak tipsnya.
    Saya sendiri merasakan perubahan yang besar dari corona ini, termasuk diantaranya menjaga kewarasan dengan lebih memperhatikan kebutuhan diri saya seperti berolahraga, konsumsi makanan yang lebih baik. Dari dua ini saja ditambah beribadah dapat mempengaruhi penurunan stress dan mengelola pikiran

    BalasHapus